Jelang Natal, Sulut Gelar Pasar Murah

Antara

Manado, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah itu, mulai menggelar pasar murah sebagai salah satu cara menekan kenaikan harga yang kerap terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Kecenderungan terjadi kenaikan harga cukup tinggi di Sulut terutama jelang Natal dan Tahun Baru, karena itu pemerintah mengantisipasi dengan pergelaran pasar murah,” kata Disperindag Sulut Olvie Atteng di Manado, Jumat (6/12).

Olvie mengatakan komoditas bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti tepung terigu, minyak goreng, gula pasir, mentega dan lainnya, menjadi sasaran utama dijual pada ajang pasar murah.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Hanny Wajong mengatakan dengan harga jual lebih murah diharapkan selain membantu masyarakat jelang hari besar keagamaan, juga dapat menekan tingkat inflasi daerah.

Menjelang Natal dan Tahun baru biasanya penjualan meningkat tajam yang pada gilirannya diikuti naiknya harga bahan kebutuhan pokok, karena itu pemerintah mengantisipasi dengan kegiatan pasar murah.

“Kawasan pergelaran pasar murah kali ini, terutama penduduknya sebagian besar merayakan Natal dan Tahun Baru,” kata Hanny.

Kegiatan pasar murah selain mendapatkan dana APBD juga dari CSR dari BUMN, BUMD dan swasta di Kota Manado.

Wakil Ketua BPMJ GMIM Smirna Malalayang Dua, Daniel Paraise, yang mendapat giliran mendapatkan pasar murah di awal Desember ini mengatakan merasa sangat senang dengan kehadiran pasar murah natal di lingkungan Gereja Jemaat GMIM Smirna Malalayang.

“Kami merasa sangat terbantu dan merasa diperhatikan oleh pemerintah, selama bertahun-tahun baru kali ini pihaknya mendapatkan kegiatan pasar murah,” kata Daniel.

Pada pelaksanaan pasar murah di gereja ini, selain umat Kristen, banyak juga umat Muslim disekitar gereja yang memanfaatkan berbelanja mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga 20 hingga 30 persen lebih murah dari harga pasaran setempat. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN