Minggu, Jalan di Sekitar Monas Ditutup

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Acara puncak Festival Agung Keraton Sedunia (World Heritage Festival 2013) akan dimeriahkan dengan kirab budaya, pada Minggu (8/12). Karenanya untuk kelancaran jalannya acara tersebut, sejumlah jalan di sekitar Monumen Nasional (Monas) akan ditutup. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono.

“Demi kelancaran Acara puncak Pagelaran nanti. Rute pawai kirab budaya melintasi gerbang Monas Timur Laut-Medan Merdeka Utara – Medan Merdeka Barat – Medan Merdeka Selatan dan finish di gerbang Monas Tenggara,” kata Pristono di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/12).

Pristono menjelaskan, penutupan jalan saat rombongan kirab melintas hanya bersifat situasional atau buka tutup.

“Sistem buka tutup. Di antaranya mulai Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Majapahit, dan Jalan Budi Kemuliaan yang menuju bundaran air mancur,” sebutnya.

Ia berharap kepada para para pengguna jalan untuk tidak memasuki perlintasan jalan yang telah di informasikan akan di tutup.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan dan mematuhi rambu lalu lintas,” kata Pristono.

Perlu di ketahui, Penutupan jalan akan dilakukan pada ruas Jalan Medan Merdeka Utara mulai pukul 14.00 WIB untuk mensterilkan lokasi dari kendaraan bermotor dan persiapan acara dan akan berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Dalam  mengantisipasi kemacetan, Priono mengatakan di lakukan pengalihan jalur alternatif. Di anataranya, Untuk kendaraan dari arah Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Bunderan Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin, dialihkan melalui Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-dan seterusnya.

Sedangkan Pengalihan kedua, yaitu pengalihan selatan-utara. Kendaraan dari arah Bunderan Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin yang akan menuju Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk, dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-dan seterusnya. Sementara Jalan Budi Kemuliaan akan diberlakukan satu arah mulai dari timur ke barat. Alternatif ketiga, pengalihan barat-timur.

Dan untuk kendaraan dari arah Jatibaru yang akan menuju Tugu Tani, dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya. Untuk pengalihan timur-barat, kendaraan dari arah Tugu Tani yang akan menuju Jatibaru, akan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.(GWH)