KPU Gunungkidul Kekurangan 50 Kotak Suara

Antara

Gunungkidul, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan jumlah logistik kotak suara kekurangan 50 kotak dari 7.595 hanya tersedia 7.542 kotak.

“Kurangnya jumlah kotak suara ini disebabkan ada beberapa kotak suara yang digunakan dalam pemilihan kepala daerah sebelumnya tidak seluruhnya dikembalikan ke KPU. Selain itu, ada beberapa kotak suara yang rusak sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk Pemilu 2014,”kata penanggung jawab divisi perencanaan program keuangan dan logistik KPU Gunung Kidul Andang Nugroho di Gunung Kidul, Jumat (6/12).

Untuk mengatasi kekurangan kotak suara, lanjut Andang, KPU Gunungkidul sudah mengajukan pengadaan kotak suara baru untuk melengkapi kebutuhan kotak suara pemilihan legislatif 2014.

“Kami sudah mengajukan ke KPU provinsi. Namun hingga saat ini, kami belum mengetahui kapan logistik tersebut akan dikirimkan,” katanya.

Persiapan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden 2014, kata Andang, KPU Gunungkidul sudah mulai merangkai kotak suara. Dari total kotak suara yang sudah ada sebanyak 7542, sekitar 5000 buah sudah selesai dirakit. Sisanya masih menunggu mur dan baut dari pihak rekanan untuk .

“Kami masih memproses perakitannya. Ada sekitar 2500 buah yang belum dirakit karena kekurangan mur dan bautnya. Maksimal tanggal 10 Desember ini mur dan baut harus sudah ada,”kata dia.

Ketua KPU Gunung Kidul Zainuri Ikhsan mengatakan kekurangan kotak suara ini bisa dilengkapi dengan pengadaan atau meminjam dari KPU daerah lain yang kelebihan.

Dirinya optimis kekurangan kotak suara dapat dipenuhi karena waktunya masih cukup panjang. Total 7.592 kotak suara ini nantinya akn didistribusikan untuk 1.898 tempat pemungutan suara (TPS) Terkait dengan penetapan DPT, Zainuri mengungkapkan kalau di Gunungkidul sudah ditetapkan sebanyak 593.208 pemilih. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN