3 Kecamatan di Jaktim Mulai Banjir

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan Bogor dua hari belakangan ini menyebabkan banjir di Jakarta. Tiga kecamatan di wilayah Jakarta Timur terendam banjir, Jumat (6/12).

Ketiga kecamatan itu yang dilewati kali Ciliwung dan Sunter. Tiga kecamatan tersebut yakni, Jatinegara, Makasar, dan Kramatjati.

Banjir di Kecamatan Jatinegara terjadi di Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu dan Kelurahan Bidara Cina. Lalu, di Kecamatan Makasar, banjir terjadi di Kelurahan Makasar dan Kelurahan Cipinang Melayu. Sedangkan di Kecamatan Kramatjati, banjir terjadi di Kelurahan Cawang, Cililitan dan Kramatjati.  

Said (31), warga RT 06/03 Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, mengatakan, banjir mulai menggenangi wilayah pemukimannya sejak pukul 01.00 dinihari tadi. Alhasil, ia dan keluarganya langsung sibuk mengevakuasi barang-barang berharga untuk disimpan di atas loteng. Banjir di wilayah ini mencapai ketinggian 50-200 sentimeter. “Lagi enak tidur, tau-tau air masuk ke dalam rumah. Terpaksa kita sibuk mindahin barang-barang ke atas loteng,” ujar Said, Jumat (6/12).

Banjir di wilayah Kampung Pulo memang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Hal ini lebih dikarenakan banyaknya pemukiman warga yang berdiri di areal bantaran kali. Aparat kelurahan setempat telah menyiagakan satu unit perahu yang terbuat dari styrofoam untuk mendukung aktivitas warga.

Sementara itu, Ketua RW 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Muchtar Usman menuturkan, banjir setinggi 50-100 sentimeter di wilayahnya terjadi akibat luapan Kali Sunter. Selain di RW 03, banjir juga merendam puluhan rumah di RW 04 dan 05. “Kalau mengungsi besar-besaran sih belum ada karena masih dianggap banjir biasa. Warga hanya istirahat di rumah warga yang tak kebanjiran,” ujar Muchtar.

Sementara, di Kelurahan Makasar, banjir merendam wilayah RW 07, dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter. Padahal saat dini hari tadi genangan mencapai 150 sentimeter. “Sekarang sih mendingan, sedikit surut,” ujar Sukirin, Ketua RW 07 Makasar.

Plh Camat Jatinegara, Manson Sinaga mengatakan, di Kelurahan Bidara Cina, banjir terjadi di RW 05 tepatnya di RT 06 dan 07. Kemudian di RW 07, di RT 05, 09, 10, 14, 15, 16, 17 dan 18. Sedangkan di RW11 terdapat di RT 06, 10, 12 dan 13. Jumlah KK yang terendam banjir di wilayah ini sebanyak 462 KK.

“Situasi sampai saat ini aman terkendali, tidak ada warga yang mengungsi. Namun jika ada warga yang ingin mengungsi, tempat sudah disiapkan di kantor kelurahan, puskesmas dan tempat-tempat aman lainnya,” tandas Manson.(BJ/GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN