Nelson Mandela Akan Dimakamkan Pada 15 Desember

Pretoria, Sayangi.Com- Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan masa berkabung nasional selama 10 hari, yang akan diakhiri dengan upacara pemakaman kenegaraan untuk mendiang Nelson Mandela yang dijadwalkan pada 15 Desember 2013.

“Kita harus bekerja sama menggelar upacara pemakaman terbaik untuk putra terbaik negeri ini dan bapak bangsa kita yang masih muda ini,” kata Presiden Zuma, di Pretoria, ibu kota Afrika Selatan, Jumat (6/12).

Zuma juga menyerukan agar seluruh warga Afrika Selatan berpartisipasi dalam satu hari doa untuk Mandela pada Minggu (8/12/) yang ditetapkan sebagai hari berdoa dan refleksi nasional.

“Saya serukan kepada semua warga untuk berkumpul di ruang serba guna, gereja, masjid, kuil, sinagoga atau di rumah masing-masing untuk menggelar doa dan meditasi, mengenang kehidupan Madiba dan kontribusinya untuk negeri ini dan dunia,” lanjut Zuma.

Pada Senin (9/12), anggota parlemen Afrika Selatan akan dipanggil dari masa reses mereka lalu menggelar sebuah sesi khusus untuk menghormati warisan Mandela.

Pada Selasa (10/12) kebaktian untuk Nelson Mandela akan dilangsungkan di stadion berkapasitas 95.000 orang yang terletak di luar Johannesburg.

Setelah kebaktian nasional pada hari Selasa, jenazah Mandela akan disemayamkan secara kenegaraan di ibukota Pretoria pada keesokan harinya.

Zuma mengatakan pemakaman Mandela akan dilangsungkan pada tanggal 15 Desember di desa Qunu, tempat Mandela dibesarkan. (AFP)

Tokoh-tokoh dunia seperti Presiden AS Barack Obama, Bill dan Hillary Clinton, serta sejumlah selebriti seperti Oprah Winfrey diperkirakan akan menghadiri upacara pemakaman Mandela.

Berita Terkait

BAGIKAN