Deklarasi Capres di Jawa Timur, Nama Yusril Jadi ‘Gus YIM’

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Partai Bulan Bintang (PBB) dan para relawan Yusri for President, akan mendeklarasikan Yusril Ihza Mahendra sebagai calon presiden RI 2014. Deklarasi akan digelar Minggu (8/12) di Expo Surabaya, Jawa Timur.

Mengapa deklarasi dilakukan di Jawa Timur? Menurut fungsionaris PBB Afriansyah Ferry Noor, lokasi deklarasi di Surabaya merupakan aspirasi kader PBB di Jatim, reelawan, dan ulama.

“Ini juga untuk sekalian napak tilas karena Ketua Dewan Syuro Partai Masyumi dahulu adalah KH. Hasyim Asy’ari,” ujar Ferry.
KH. Hasyim Asy’ari yang dimaksud Ferry adalah pendiri NU yang juga kakek Gus Dur yang merupakan salah satu tokoh Partai Masyumi.

Ferry mengakui, menjelang Pemilu 2014 partainya mengalami kegairahan yang signifikan di Jawa Timur. Mantan Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana yang dulu merupakan kader Demokrat, misalnya, kini jadi caleg DPR RI dari PBB. Selain itu banyak juga generasi muda Nahdliyin yang menjadi caleg DPR RI maupun DPRD dari PBB.

“Para kader, simpatisan dan ulama di Jawa Timur yang menjadi simpatisan PBB sepakat memberi panggilan ‘Gus’ di  depan Yusril. Mereka menyebutnya Gus YIM,” tutur Ferry. YIM adalah singkatan dari Yusril Ihza Mahendra.

Menurut Ferry, PBB punya hubungan emosional yang sangat kuat dengan NU. Yusril sendiri sebagai salah satu capres RI pada  1999 pernah memberikan dungan bagi Gus Dur untuk meenjadi presiden. Di hadapan Sidang MPR 1999 menyatakan mundur sebagai capres dan mempersilakan Gus Dur maju. Dan Gus Dur pun terpilih sebagai presiden. Yusril juga pernah menjadi menteri dalam pemerintahan Gus Dur. (S2)