1.560 Pohon Ditebang, Jl Sudirman-Thamrin Makin Gersang

Foto: Sayangi.com/emil

Jakarta, Sayangi.com – Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) akan semakin membuat kawasan di jalan Thamrin-Sudirman akan kehilangan ribuan pohon peneduh.

Sebanyak 1.560 pohon yang berada di sepanjang Jalan Sisingamangaraja-Jalan Sudirman-Jalan Thamrin akan ditebang untuk kelancaran pembangunan MRT. Sejak 15 November lalu, jumlah pohon yang ditebang sudah mencapai 458 batang.

Meski demikian, menurut Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, M Nasyir pihaknya telah menanam sebanyak 3.000 pohon di beberapa lokasi sebagai kompensasi. Sebab sesuai aturan, setiap penebangan satu pohon diganti dengan 10 pohon baru.

“Kita tidak hanya menebang tapi juga sudah menanam sebanyak 3.000 pohon. Sebagian pohon juga kita pindahkan, tidak ditebang,” ujar Nasyir, Sabtu (7/12).

Dikatakan Nasyir, seperti dilansir beritajakarta, penebangan pohon masih akan terus dilakukan. Pihaknya pun meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. “Lokasi bekas penebangan pohon ini digunakan untuk pembangunan stasiun MRT yang memang membutuhkan lahan cukup luas,” katanya.

Project Management Officer PT MRT Jakarta, Mirza Adrian menambahkan, penanaman pohon kembali telah dilakukan di tujuh titik. Diantaranya yakni Jl Swadarma, Taman Bambu, Jl Rajiman, Jl Manunggal, Jl Kumis Kucing, Jl Asyafiah, dan Jl Aselih. “Penanaman kembali pohon sudah dilakukan di tujuh titik yang menyebar di wilayah Jakarta,” kata Mirza.

Sementara untuk lokasi lain penanaman pohon hingga kini masih di koordinasikan dengan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Karena penanamannya disesuaikan dengan kebutuhan pohon di masing-masing wilayah. “Untuk lokasi lain masih dikoordinasikan,” katanya.

Pohon yang ditanam kembali berjenis pohon pelindung, seperti mahoni, flamboyan, bungur, dan trembesi. Jenis pohon yang ditanam juga disesuaikan dengan keadaan daerahnya. “Memang ada yang dipindahkan, tapi mayoritas pohon-pohon tersebut ditebang,” tandasnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN