Jenazah Mandela Diarak Tiga Hari Berturut-Turut di Pretoria

Ilustrasi foto: AFP

Pretoria, Sayangi.com – Jenazah Nelson Mandela akan dibawa melalui jalan-jalan di Pretoria setiap hari selama tiga hari sebelum pemakamannya, demikian diumumkan Pemerintah Afrika Selatan, seperti dikutip oleh BBC.

Lebih lanjut Pemerintah Afrika Selatan menyatakan, iring-iringan mobil yang mengangkut jenazah Mandela itu akan dibawa dari rumah duka hari Rabu, Kamis dan Jumat pagi ke Gedung Union tempat jenazahnya disemayamkan secara kenegaraan.

Dengan adanya prosesi arak-arakan itu, diharapkan warga Afrika Selatan dapat menyaksikan langsung iring-iringan jenazah Mandela di sepanjang jalan. Sebagai bentuk penghormatan terakhir terhadap Mandela.

Sementara itu Keluarga Besar Mandela menyatakan terima kasih atas dukungan yang mereka dapatkan. Juru bicara Keluarga Besar Mandela, Letnal Jenderal Themba Templeton Matanzima mengatakan, dalam dua hari terakhir ini keluarga sangat berduka setelah kehilangan tokoh besar yang merupakan pilar keluarga. “Namun dengan dukungan yang kami dapatkan dari sini dan tempat lain, keluarga dapat terhibur,” kata Matazima.

Penyataan duka terhadap meninggalnya Mandela masih berlanjut hingga di senatero negara. Ratusan warga berkumpul di luar rumah Mandela di Houghton, luar kota Johannesburg, tempat ia meninggal Kamis malam lalu. Ribuan bunga dan lilin diletakkan di luar kediamannya itu. Misa akan diselenggarakan hari Selasa (10/12) di stadion dengan kapasitas lebih 90.000 orang. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN