Pengadilan Banding Mesir Bebaskan 21 Perempuan Pro-Morsi

Foto: AP

Kairo, Sayangi.com – Pengadilan banding Mesir akhirnya memerintahkan dibebaskannya 21 perempuan, termasuk tujuh remaja, yang dipenjara bulan lalu karena mendukung Presiden yang digulingkan Mohammed Morsi.

Dari ibukota Mesir, BBC melaporkan, 14 perempuan pendukung Morsi lainnya dikurangi hukumannya dari 11 tahun penjara menjadi satu tahun percobaan. Mereka dinyatakan bersalah karena dianggap menjadi anggota grup teroris, mengganggu lalu lintas dan melakukan aksi kekerasan bulan lalu.

Para wanita itu disidangkan di Iskandariyah dengan mengenakan baju putih dan memegang bunga mawar merah. Tangan mereka ditulisi dengan kata-kata “kebebasan”, terpampang jelas di ruang sidang. Sementara para pendukung mereka di pengadilan terus-menerus meneriakkan “Allahu Akbar” atau “Allah Maha Besar” saat vonis dijatuhkan. Penjagaan di lokasi sidang sendiri berlangsung ketat.

Dalam sidang bulan lalu para pendukung Morsi itu divonis hingga 11 tahun penjara. Hukuman yang dianggap keterlaluan dan terlalu berat untuk seorang pendukung mantan Presiden. Bahkan lebih berat dari vonis untuk seorang pembunuh, ulas wartawan BBC di Kairo. (MSR) 

Berita Terkait

BAGIKAN