Ini Dia 5 Poin Penting Hasil Rembug Provinsi 2013

Foto: Sayangi.com/Castro

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Pemprov DKI Jakarta, Irmansyah menyatakan ada 5 poin penting yang dirumuskan dalam acara Rembug Provinsi 2013. Poin-poin tersebut dibagi dalam dua skala prioritas. Tiga poin penting di antaranya meliputi infrastruktur, pemberdayaan dan sosial ekonomi sebagai prioritas utama. Dan selebihnya, 2 poin meliputi rekomendasi kebijakan publik dan realisasi Urban Governance.

“Yang paling urgent ada yang menyangkut infrastruktur, pemberdayaan dan sosial ekonomi. Itu poin-poin pentingnya, tapi poin-poin yang lain ada di good governonce-nya, kebijakan publiknya,” katanya saat diwawancarai setelah acara di Aula Balai Agung, Balai Kota, Jakarta, Kamis (12/12).

Ada perbedaan mendasar dari pelaksanaan Rembug Provinsi dengan Musrembang yang biasa dilakukan Pemerintah Provinsi. Menurut Irmansyah, jika Musrenbang bersifat struktural dengan pelibatan mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Walikota sampai tingkat Provinsi.

“Sementara itu kalau di sini, (Masyarakat) sudah langsung ketemu sama pak gubernur jadi bisa menyampaikan langsung. Pak gubernur juga bisa menyampaikan perintah langsung ke jajaran di bawahnya,” tambahnya.

Ditanya apakah acara tersebut akan dijadikan program tahunan, Irmansyah menjawab akan sangat mungkin.

“Paling tidak kita merencanakan akan diadakan di (tahun) 2014, jadi nanti kita lihat lagi apakah perlu diadakan tiap tahun,” katanya.

Yang paling penting, tambah Irmansyah, sudah terlihat bahwa hal itu menjadi ruang untuk publik dengan segala segmen yang ada di masyarakat.

“Jadi kita mencari betul-betul formatnya seperti apa,” pungkasnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN