Polisi Siap Tambah Penyidik untuk KPK

Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Kabareskrim Polri Irjen Suhardi Alius seusai bersilahturahmi dengan jajaran pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap menambahkan jumlah penyidik guna memerangi korupsi yang sudah merajalela di Indonesia.

“tapi yang jelas kita siap kalo memang ada penambahan, kita tambahkan. Tapi, kita siap membantu semua proses penyidikan yg ada di KPK,” ujar Suhardi Alius, Jakarta, Kamis (12/12).

Bahkan menurut Suhardi jika kinerja KPK tidak bisa menyampai hingga ke wilayah, Polri akan membentuk penyidik anti korupsi hingga tingkatan Polres.

“Hampir 80 persen dari anggaran yang sudah ada di Polri untuk memberantas korupsi, kita turunkan sampai tingkat polres karena korupsi sampai tingkat kabupaten/kota,” jelasnya.

Ia juga menambahkan pembentukan lembaga anti korupsi hingga tingkatan wilayah daerah akan berkoordinasi dengan KPK, Jaksa Penindakan Khusus (Japidsus), Jaksa Penindakan Umum (Japidum) juga kepada PPATK.

“Kita akan membangun sinergisitas antara penyidik ini, penyidik kepolisian, penyidik kejaksaan dan penyidik dari KPK,” tuturnya.

Lalu rangkaian kerjasama untuk memberantas korupsi hingga tingkatan daerah sudah terlaksana dibeberapa wilayah seperti Yogya, Papua dan Makasar dalam rangka meningkatkan kompetensi para penyidik.

“Itu dalam rangka meningkatkan kompetensi dari para penyidik, penuntut umum, termasuk auditor untuk menyamarkan presepsi. Di seluruh Indonesia, sudah berjalan terus,” ungkapnya. (MD)

Berita Terkait

BAGIKAN