Bola: Digilas Thailand 4-1, Peluang Indonesia Tipis

Jakarta, Sayangi.com – Indonesia yang menargetkan medali emas memperkecil peluang lolos babak penyisihan Grup B SEA Games 2013, cabang sepak bola setelah di pertandingan kedua kalah telak dari Thailand.  Garuda Muda menyerah 1-4 dari tim berjuluk Gajah Putih itu.  

Pada pertandingan di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar pada Kamis (12/12/2013), Tim Merah Putih sudah tertinggal satu gol ketika laga baru berjalan satu menit.  

Adalah Pokklaw A Nan yang mencetak gol pembuka untuk Thailand. Gol itu berawal dari operan satu dua antara pemain Thailand. Pokklaw mendapatkan bola, kemudian membawa bola. Ia kemudian menendang bola dari luar kotak penalti, yang tak mampu diantisipasi penjaga gawang Indonesia, Kurnia Meiga.

Tertinggal 1, para pemain Indonesia mencoba tampil menyerang. Namun koordinasi yang solid antar pemain di lini belakang Thailand membuat Andik Vermansah dan kawan-kawan kesulitan membuka ruang.

Indonesia sempat mendapatkan peluang melalui akselerasi Ferinando Pahabol. Dia melewati dua sampai tiga pemain Thailand, namun kemudian ia tidak sempat menendang bola ke gawang Thailand.

Bukannya menyamakan kedudukan, anak asuh Rahmad Darmawan ini justru tertinggal 0-2 pada menit ke 19.
Penyerang Thailand, Adisak Kraisorn, mencetak gol memamfaatkan kesalahan Andri Ibo di lini belakang. Pemain Persipura Jayapura itu salah mengantisipasi datangnya bola.

Adisak mendapatkan bola, kemudian menggiring bola ke area kotak penalti. Diego Michiels mencoba menutup, namun Adisak terlebih dahulu menendang bola ke gawang Kurnia Meiga.

Setelah tertinggal 0-2, Pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan, menginstruksikan para pemainnya tampil menyerang. Namun lini depan Indonesia yang ditempati oleh Fandi Eko Utomo kebingungan membongkar solidnya pertahanan Thailand.

Sampai pertandingan pada babak pertama berakhir, Indonesia tidak mendapatkan peluang. Thailand pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua Thailand kembali menambah keunggulan menjadi 3-0. Kali ini melalui titik penalti yang sukses di eksekusi Praweenwat Boon Yong pada menit ke-51.

Wasit asal Vietnam, Vo Minh Tri, memberikan hadiah penalti untuk Thailand, setelah Adisak Kraisorn dijatuhkan oleh Andri Ibo di kotak terlarang yang kemudian mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Thailand memaksa Meiga memungut bola untuk keempat kalinya di laga ini pada menit 80. Berawal dari serangan balik cepat, bola mencapai di sisi kiri dan kemudian dikirimkan ke sisi kanan kotak penalti

Thitipan Puangchan yang menerima bola itu sambil melihat celah kosong di antara bek-bek Indonesia, dan kemudian melepaskan sepakan keras ke pojok atas gawang tanpa bisa digapai Meiga.

Setelah tertinggal 0-4 Indonesia mulai bermain lepas. Hasilnya pada masa injury tima Indonesia akhirnya mencetak gol cantik lewat tembakan keras Andri Ibo yang mengarah tepat ke pojok atas gawang.

Namun hingga pertandingan berakhir Indonesia kalah 1-4.

Dengan hasil ini Indonesia tertahan di posisi ketiga dengan tiga poin dari dua laganya, dengan rekor memasukkan dua gol dan kemasukkan empat gol. Di pertandingan ketiga, Indonesia akan lawan Timor Leste pada 14 Desember.

Sementara Thailand di posisi pertama dengan enam poin, unggul selisih gol dari Myanmar yang juga punya poin sama.

Tim yang akan lolos ke semifinal hanya juara dan runner up grup.

Susunan Pemain

Indonesia: Kurnia Meiga, Diego Michiels, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony, Dedi Kusnandar, Egi Melgiansyah (Yandi Sofyan 63′), Andik vermansyah, Yohanes Pahabol (Ramdani Lestaluhu 77′), Bayu Gatra, Fandi Utomo (Dendi Santoso 54′)

Thailand: Kawin Thammasatchanan, Pravinwat Boonyong, Sakolwat Skollah, Theeraton Bunmathan, Artit Daosawang, Pakorn Prempak (Sarawut Masuk 66′), Pokkhao Anan (Chanathip Songkrasin 55′), Thitipan Puangchan, Charyl Chappuis, Krirkrit Thaweekarn, Adisak Kraisorn (Chananan Pombuppha 60)

Berita Terkait

BAGIKAN