Keponakan Hariman si Jenius Muda Kaisar Siregar Meninggal di Belanda

Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Kaisar Siregar, keponakan Aktivis Malari Hariman Siregar yang sedang menempuh pendidikan S-2 di TU Delft, Belanda, meninggal dunia di apartemennya, Selasa (10/12). Almarhum memang tinggal sendiri di apartemen itu. Namun polisi tidak menemukan tanda-tanda yang aneh di kediamannya.

Semasa aktif menempuh pendidikan, kejeniusan Kaisar diakui oleh dosen-dosennya, baik saat kuliah di ITB maupun saat kuliah di TU Delft.

“Aku udah di Belanda, Lin. Dosennya udah ngomong sama aku, dia merasa kehilangan mahasiswa yang brilian,” ucap Hariman Siregar kepada redaktur Sayangi.com, Kamis (12/12). Kaisar adalah putra dari Parlin N Siregar, kakak kandung Hariman Siregar.

Bahkan tokoh Malari itu juga menuturkan, pihak Universitas akan memberikan penghargaan khusus kepada almarhum. Bahkan, ijasahnya yang cum laude akan langsung diberikan kepada keluarganya.

Kaisar dan Tim Ganesh yang mewakili Indonesia di final Imagine Cup di Polandia (sumber foto dari sini:  http://www.itb.ac.id/news/2840.xhtml)

Mewakili Indonesia dalam kompetisi Imagine Cup yang diselenggarakan Mocrosoft

Berdasarkan keterangan mantan dosen pembimbingnya di ITB, Rinaldi Munir, almarhum adalah mahasiswa Informatika ITB Angkatan 2006 yang dikenal brilian. “Sekitar tahun 2011 dia memperoleh beasiswa dari Erasmus Mundus (beasiswa dari konsorsium Eropa) untuk melanjutkan pendidikan ke TU Delft,” tulis Rinaldi Munir dalam blog pribadinya.

“Karena prestasinya yang bagus, saya “mendapatkan” dia sebagai asisten mata kuliah yang saya ampu. Tidak hanya satu mata kuliah, tetapi dia menjadi asisten tiga mata kuliah selama 2 tahun berturut-turut, yaitu Matematika Diskrit, Strategi Algoritmik, dan Kriptografi. Oleh karenanya, saya kenal betul dirinya,” kenang Rinaldi.

Rinaldi juga mengungkap, Kaisar adalah mahasiswa yang cerdas. Seringkali jalan pikirannya extra-ordinary dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah pemrograman (Tugas Besar) yang cukup berat dan padat di Informatika ITB. Orang lain masih menggunakan pendekatan sederhana, dia sudah berpikiran jauh ke depan.

Prestasi yang pernah disandang Kaisar, tandas Rinaldi, bersama timnya, Kaisar memenangkan Imagine Cup, yaitu kompetisi inovasi perangkat lunak yang diadakan oleh Microsoft. Tim Kaisar berhak mewakili Indonesia dalam final Imagine Cup tingkat dunia di Polandia.

Dan kini orang yang sangat berbakat itu telah berpulang keraribannya. Kami, segenap keluarga Sayangi.com turut mengucapkan belasungkawa yang mendalam (MD)