Bangladesh Eksekusi Mati Pemimpin Oposisi

Foto: Reuters

Dhaka, Sayangi.com – Bangladesh dikabarkan mengeksekusi mati Abdul Qader Mollah, seorang pemimpin oposisi yang divonis bersalah telah melakukan kejahatan perang.

Eksekusi itu dilakukan kemarin di tempat yang tak disebutkan, namun diperkirakan tak lama setelah Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan Abdul Qader pada detik-detik terakhir sebelum dia digantung. Pejabat-pejabat Bangladesh menyebutkan, Abdul Qader Mollah dihukum gantung sekitar pukul 10.00 malam waktu setempat.

Seorang koresponden yang bekerja untuk Voice of America (VOA) di ibukota Dhaka mengatakan, keamanan diperketat di kota itu sementara situasi tegang sangat terasa. Menurut kantor berita Associated Press, partai pimpinan Mollah, Jemaat-e-Islami telah mengimbau pemogokan umum di seluruh pelosok Bangladesh hari Minggu mendatang.

Mollah divonis bersalah melakukan kejahatan perang semasa perang kemerdekaan Bangladesh melawan Pakistan pada tahun 1971. Mereka yang tidak setuju dengan eksekusi ini khawatir, hukuman gantung terhadap tokoh oposisi itu bisa memicu gelombang baru kekerasan politik sebelum Pemilu Nasional yang dijadwalkan berlangsung bulan depan. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN