Mantan Ketua DPC Akui Terima 100 Juta dan BB dari Kubu Anas

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Ismiyati Saidi, mantan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat, Boalemo, Gorontalo mengaku menerima uang dengan total Rp 100 juta dan Blackberry saat kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010. Dia mengaku uang dan BB tersebut pemberian dari kubu Anas Urbaningrum. Pemberian uang tersebut tidak langsung sekaligus Rp 100 juta melainkan melalui beberapa tahap.

“Awalnya 15 juta, lalu 15 Juta lagi. Terus dikasih 20 juta, dan saat mau pulang itu dikasih 50 juta,” ujar Ismiyati Sayidi sebelum diperiksa tim penyidik KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11).

Namun ia tidak akan mengembalikan uang yang diberikan kubu Anas karena menurutnya itu adalah uang saku.

“Saya nggak akan balikin karena itu saya kira uang saku,” ungkapnya.

Ismiyati seyogyanya akan diperiksa sebagai saksi untuk Anas Urbaningrum dalam kasus gratifikasi proyek pembangunan Sarana dan Prasarana Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahrga Nasional (P3SON) Hambalang, Jawa Barat. Selain itu, Ismi menunjukan barang bukti pemberian Blackberry ke para awak media.

Seperti diketahui dalam kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010 ada dugaan aliran dana proyek pembangunan Sarana dan Prasarana Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahrga Nasional (P3SON) Hambalang, Jawa Barat.

Dalam surat dakwaan terdakwa Dedi Kusdinar, disebutkan Anas menerima aliran dana sebesar Rp 2,2 Miliar. Uang itu diduga dialirkan ke kongres Partai Demokrat yang diadakan di Bandung pada 2010 yang ketika itu di menangkan Anas sebagai Ketua Umum.(GWH)