Hakim MK Siap Laksanakan Keputusan Dewan Etik

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menyatakan siap melaksanakan apa pun setiap keputusan Dewan Etik Hakim Konstitusi.

“Kami semua Hakim MK siap melaksanakan apapun keputusan Dewan Etik, karena kami membentuk Dewan Etik dengan kesadaran penuh,” ujar Hamdan kepada Sayangi.com, Jumat (13/13).

Sebagaimana diberitakan, kemarin telah diumumkan tiga anggota Dewan Etik Hakim Konstitusi. Ketiga anggota Dewan Etik itu adalah Abdul Mukhtie Fadjar (mantan hakim konstitusi), Muchammad Zaidun (akademisi), dan A. Malik Madani (dari PBNU). Ketiganya dipilih oleh panitia seleksi atau pansel yang dibentuk MK. Hamdan mengatakan, pihaknya telah memberikan kebebasan penuh kepada pansel untuk memilih tiga anggota Dewan Etik.

Sesuai dengan Peraturan MK No. 2 Tahun 2013, Dewan Etik Hakim Konstitusi bertugas menjaga, menegakkan kehormatan, keluruhan martabat, perilaku hakim, serta kode etik dan pedoman perilaku hakim konstitusi. Dewan Etik merupakan bagian dari pengawasan hakim konstitusi.

Hamdan menegaskan, dengan Dewan Etik ini, masyarakat dapat mengadukan atau melaporkan jika ada perilaku hakim konstitusi yang menyimpang atau melakukan pelanggaran etika. Selanjutnya jika laporan atau pengaduan itu benar, Dewan Etik dapat memberi teguran lisan atau tertulis kepada hakim konstitusi yang bersangkutan.(GWH)