DPR Sesalkan Anjuran Dipo ke Wapres untuk Abaikan Timwas

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Anjuran Sekretaris Kabinet Dipo Alam kepada Wakil Presiden Boediono untuk mengabaikan panggilan Tim Pengawas (Timwas) Century, sangat disesalkan anggota Timwas Century DPR.

Hal ini diungkapkan anggota Timwas Century dari Fraksi Hanura, Sarifuddin Sudding.

“Seharusnya seorang pejabat negara bisa memahami bahwa berdasarkan undang-undang, panggilan ini adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Maka sungguh sangat tidak tepat tindakan seorang pejabat negara lainnya yang meminta Pak Boediono untuk tidak menghadiri rapat Timwas,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu pun menyebutkan dalam Undang-Undang No.27 Tahun 2009 dengan tegas menyatakan bahwa DPR berwenang memanggil para pejabat negara, badan hukum, pemerintah, maupun masyarakat untuk dimintai keterangan demi kepentingan bangsa dan negara.

“Maka setiap pihak yang dipanggil tentunya wajib memenuhi panggilan DPR itu, dan bila panggilan tidak dipenuhi maka ada upaya pemanggilan paksa. Itu bunyi undang-undang,” jelasnya seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu, ia menilai tindakan Sekretaris Kabinet Dipo Alam itu cenderung menimbulkan persoalan dan mencederai sistem demokrasi.

“Ketika Dipo mengambil peran dalam hal meminta Boediono untuk tidak hadir dalam rapat Timwas Century, itu akan membuat suasana yang tidak elegan dan tidak kondusif bagi sistem demokrasi kita,” ucap Sudding.

“Apalagi, di akhir masa kepemimpinan Pak SBY-Boediono, saya kira eskalasi politik juga akan semakin meningkat bila undangan penting seperti itu tidak ditanggapi secara serius,” lanjutnya.

Sudding juga berpendapat setiap pejabat negara harus lebih berhati-hati dalam bersikap, khususnya menjelang tahun politik.

“Jangan sampai ada suatu upaya untuk membuat kegaduhan politik menjelang Pemilu 2014. Itu sangat tidak kita inginkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam menyarankan Wakil Presiden Boediono untuk mengabaikan panggilan Timwas Century DPR terkait dengan temuan surat kuasa pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century. Boediono akan dipanggil Timwas Century pada 18 Desember.

“Kalau memang ada panggilan, ya panggilannya tidak usah diladenin. Abaikan saja. Itu saya sampaikan ke Seswapres (sekeretaris wakil presiden) untuk disampaikan ke Pak Boediono,” kata Dipo.(GWH)