Yusril Resmi Ajukan Gugatan Uji Materi UU Pilpres ke MK

Foto: Sayangi.com/Maskawi

Jakarta, Sayangi.com – Calon Presiden RI dari Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra mendatangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (13/12). Dia datang untuk mengajukan gugatan uji materi Undang-Undang No. 42/2008 tentang Pilpres ke MK.

Yusril datang bersama sejumlah pengurus DPP PBB. Sampai di MK, dia menyerahkan surat permohonan ke bagian pendaftaran perkara.

“Permohonan uji materi ini saya ajukan atas nama warga negara RI yang dicalonkan sebagai capres oleh partai politik peserta pemilu 2014,” ujar Yusril di kantor MK.
Yusril berharap, MK segera memproses permohonannya itu. Yusril juga berharap gugatannya akan dimenangkan oleh MK.

Materi yang digugat Yusril adalah pasal 9 UU No. 42 Tahun 2008 tentang Pilpres. Pasal tersebut menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden diajukan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang punya 20% kursi di DPR atau 25% suara hasil pemilu.

“Pasal tersebut bertentangan dengan UUD 1945. UUD tidak mensyaratkan jumlah suara atau kursi bagi partai politik atau gabungan partai politik yang mengajukan pasangan capres-cawapres,” pungkasnya.(GWH)