Ahmad Mubarok Persilakan KPK Periksa Ibas

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat (PD), Ahmad Mubarok mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa anak bungsu Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro alias Ibas. Nama Ibas kerap disebut-sebut saksi dalam persidangan Tipikor. Ibas disebut oleh Wakil Direktur Keuangan group Permai, Yulianis telah menerima uang sebesar USD 200.000 saat kongres Partai Demokrat tahun 2010 di Bandung.

“Silakan KPK bekerja, itu bukan domain saya,” ujar Ahmad Mubarok di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/12).

Ahmad Mubarok juga menjelaskan bahwa tugas Ibas saat itu hanya sebagai penyelenggara acara karena waktu itu Ibas adalah Ketua Steering Committee (SC).

“Dia kan penyelenggara kongres,” jelasnya.

Sebelumnya mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Group, Yulianis juga pernah mengungkapkan bahwa Permai Group mengucurkan dana US$ 200 ribu kepada Ibas pada 2010 dan merupakan dana proyek Hambalang di Sentul, Bogor. Uang tersebut, kata dia, terkait dengan Kongres Partai Demokrat di Bandung, Mei 2010.

Pemilik Permai Group yang juga mantan Bendahara Demokrat, M. Nazaruddin, juga pernah melontarkan adanya aliran uang untuk kongres. Menurut dia, Rp 100 miliar dari dana proyek Hambalang digunakan buat menyokong kemenangan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Demokrat.

Uang tersebut, kata Nazaruddin, diserahkan PT Adhi Karya melalui orang dekat Anas, Machfud Suroso, yang juga Direktur Utama PT Dutasari Citralaras. Dutasari merupakan subkontraktor Adhi Karya dalam proyek Hambalang.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN