Jika Ibu Ani Dampingi Kegiatan Presiden, Bukan Berarti Jalan-jalan

Foto: Webstagram/aniyudhoyono

Tokyo, Sayangi.com – Ibu Negara tugasnya adalah mendampingi Presiden kemanpun juga. Jadi kalau dikatakan hanya jalan-jalan saja, itu tidak benar. Begitulah yang disampaikan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono kepada 14 mahasiswa Indonesia dalam dialog bersama mahasiswa ASEAN peserta Jenesys 2.0 di TKP Asakasa Tower, Tokyo, Jepang, Jumat (13/12), seperti dikutip situs resmi kepresidenan, presiden.go.id.

Dalam kesempatan dialog informal ini Ibu Ani bertukar berbagai pengalaman. Salah satunya adalah pengalamannya sebagai Ibu Negara. Di tengah kegiatannya sebagai Ibu Negara tersebut, sering kali muncul pernyataan, mengapa Ibu Ani jalan-jalan terus?

“Ibu sebagai Ibu Negara tugasnya adalah mendampingi Bapak Presiden kemanapun juga. Jadi kalau dikatakan jalan-jalan melulu, ya, salah mereka itu. Karena ada kegiatan seperti ini, spouse program. Kalau ada waktu yang kosong baru Ibu jalan. Tapi bukan berarti Ibu belum apa-apa sudah jalan dulu,” Ibu Negara menjelaskan.

Tugas memikirkan rakyat adalah tugas Presiden dan para menteri, karena Ibu Negara tidak memiliki kebijakan. “Kita memikirkan kegiatan sosial, ada empati kepada rakyat, kira-kira apa yang bisa saya lakukan,” kata Ibu Ani.

Dalam berbagai kesempatan mendampingi Presiden SBY, Ibu Ani sering menyalurkan hobi fotografinya, yang kemudian dimuat dalam akun instagram milik Ibu Ani. “Saya sengaja ikut instagram karena saya senang dengan fotografi. Apa yang Ibu foto, kita share ke masyarakat. Jadi yang belum pernah ke Tokyo bisa tahu,” ujar Ibu Negara.

Ibu Negara juga menceritakan bahwa banyak momen fotografi yang didapatnya adalah melalui bidikan kamera saat berada di kendaraan. Para peserta Jenesys 2.0 asal Indonesia ini pun terlihat sangat kagum dan bersemangat mendengarkan cerita fotografi Ibu Ani. Banyak dari mereka mengaku mengagumi foto-foto Ibu Negara, dan tentunya telah mengikuti akun Instagram Ibu Ani. (S2)