Indonesia – Jepang Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Foto: Setkab

Tokyo, Sayangi.com – Pada hari kedua kunjungannya ke Jepang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selain memberikan kuliah umum mengeni “Regional Security Arcitecture” juga memimpin delegasi Indonesia melakukan pertemuan bilateral dengan Pemerintah Jepang yang dipimpin oleh dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Demikian diberitakan situs sekretariat kabinet RI.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Perdana Menteri, Tokyo, Jepang, Jumat (13/12) siang itu,  Presiden SBY menayambut baik tren positif perdagangan bilateral dengan jepang, yang mencatat pertumbuhan rata-rata lebih dari 11% dalam lima tahun terakhir, dengan  total nilai perdagangan Januari-Agustus 2013 telah mencapai 31,24 miliar dollar AS.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden  membahas berbagai perkembangan dalam hubungan dan kerja sama kedua negara. Tahun ini merupakan peringatan 55 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

“Dalam pertemuan bilateral tadi PM Abe, saya dan para menteri setuju untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, dan kerja sama ekonomi yang lain. Para menteri keduabelah pihak akan terus melaksanakan komunikasi untuk mendapatkan peluang-peluang kerja sama yang baru dan mengatasi isu-isu yang ada agar bisa dicarikan solusi yang tepat bagi Indonesia dan Jepang,” ujar Presiden SBY dalam keterangan pers bersama usai pertemuan.

Presiden SBY  mengapresiasi kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat kedua negara dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan peringatan 55 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang.

“Saya bergembira atas suksesnya Turnamen Sumo yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara pada bulan Agustus, dan juga penyelenggaraan konser musik Polisi Internasional di Jakarta pada bulan September 2013 lalu,” kata Presiden SBY.

Di bidang stabilitas perdamaian dan keamanan kawasan, Presiden SBY dan PM Abe setuju untuk dibangun kerja sama di kawasan ini, tentunya melibatkan Jepang dan Indonesia agar stabilitas dan keamanan di kawasan kita tetap terjaga.

“ Indonesia mengerti tentang keinginan Jepang untuk lebih berperan lebih luas dalam bidang keamanan dengan tujuan bisa ikut berkontribusi dalam penciptaan stabilitas dan perdamaian di kawasan Asia.  Indonesia menyarankan agar dibangun kerja sama lebih erat lagi antara Jepang dan Indonesia, antara Jepang dengan negara-negara di kawasan ASEAN agar semua dapat berkontribusi pada perdamaian yang sama-sama kita inginkan,” terang Presiden SBY.

Kerja sama Indonesia-Jepang, Menurut Presiden SBY, telah terbukti berhasil dalam sejarah hubungan kedua negara. “Kita ingin di tahun-tahun mendatang bisa kita ulangi dan tingkatkan sukses dari kerja sama bilateral kita,” tegasnya.

Sementara itu PM Abe menjelaskan, dalam bidang perekonomian kedua negara telah sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan, penanaman modal, pembangunan infrastruktur agar dapat tumbuh bersama berdasarkan kesepakatan pada tingkat menteri untuk lebih mendorong kerja sama Metropolitan Priority Area (MPA)di wilayah jabodetabek. “Saya dan Presiden SBY dapat saling meyakinkan tekad politik untuk menjalankan rencana ini,” jelas PM Abe.