Presiden SBY Hadiri Peringatan 40 Tahun Jepang-ASEAN

Tokyo, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu pagi menghadiri pertemuan pemimpin negara-negara anggota ASEAN dengan Perdana Menteri Jepang dalam rangka peringatan 40 tahun kerjasama ASEAN dan Jepang yang berlangsung di Tokyo.

Pertemuan yang dihadiri oleh para Kepala Negara anggota ASEAN tersebut berlangsung di Geihinkan Akasaka Palace.

Pertemuan diawali pada pukul 09.30 waktu setempat atau pukul 07.30 WIB. KTT tersebut akan berlangsung sepanjang hari.

Dalam pertemuan itu juga akan dilangsungkan pertemuan dengan dewan perdagangan Jepang (Keidanren) dan komunitas bisnis Jepang dan ASEAN.

KTT akan berakhir pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 13.00 WIB.

Perdana Menteri Shinzo Abe selaku tuan rumah pertemuan, dalam sesi jamuan makan malam yang dilangsungkan pada Jumat (13/12) mengatakan hubungan antara Jepang dan ASEAN merupakan hal yang penting bagi kedua belah pihak dan memberikan keuntungan bagi masing-masing.

Abe mengatakan ia berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dengan organisasi yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu.

Sementara itu Presiden Yudhoyono dalam pertemuan dengan PM Abe, Jumat  siang mengatakan kerjasama Indonesia dan Jepang merupakan salah satu pilar penting dalam arsitektur Asia dan Asia Tenggara. Kerjasama tersebut menurut Yudhoyono saling menghormati, transparan dan menguntungkan. (Ant)