Komputer Berusia 27 Tahun Ini Bisa Internetan

Foto: blog keacher

Colorado, Sayangi.com – Kebanyakan dari gadget lama hanya tergeletak dan berdebu, tapi seorang insinyur dapat memperlakukannya dengan baik.

Jeff Keacher dari Colorado berhasil memasang sebuah Mac Plus (versi awal komputer Apple Mac) yang berusia 27 tahun terhubung ke internet menggunakan Rasperry Pi dan server proxy.

Hal ini sangat mengesankan karena komputer ini dibuat pada 1986, yang berarti lima tahun sebelum server web pertama dinyalakan dan www (world wide web) diluncurkan.

Komputer ini disebut-sebut 200.000 kali lebih lambat daripada komputer modern saat ini.

Komputer ini tidak memiliki browser web, tidak dapat membaca alamat web dan bahkan tidak memiliki slot Ethernet.

Proses bagaimana Kreacher berhasil menghubungkan komputer antik ini ke internet, tersedia di blog-nya.

Dia memulainya dengan meng-install MacWeb versi 2.0, yang merupakan versi awal dari browser Mac dan berjalan pada sistem operasi Mac System 7.

Untuk menghubungkan komputer ke router tanpa slot Ethernet, Kreacher menggunakan serangkaian adapter tua untuk menghubungkan Rasperry Pi ke Mac Plus tersebut. Kemudian ia menghubungkan Pi ke router.

MacWeb 2.0 tidak mampu membaca alamat web dan menampilkan link serta halaman selayaknya browser modern saat ini.

Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan komputer tua tersebut untuk mengenali bahasa komputer seperti Javascript atau CSS.

Oleh karena itu, Kreacher merekrut seorang teman untuk menulis program proxy untuk mengambil URL website, menghapus bahasa komputer modern, cookies dan gambar, kemudian merubahnya menjadi situs dengan versi teks dasar.

Akhirnya komputer Kreacher tersebut mampu membaca halaman Wikipedia dan mengakses Hacker News melalui website retro.

“Ya, dalam arti tertentu, Mac saya sudah berselancar di internet melalui sesi shell dial-up,” tulis Kreacher dalam blog-nya seperti dikutip Antara.

“Tentu saja sangat lambat, tapi yang terpenting dapat terhubung ke internet! Data dapat dimuat, halaman terbaca, dan link dapat diklik,” tambahnya.

Keacher merupakan seorang Master of Science dalam Ilmu Manajemen dan Teknik dari Stanford University. Dia juga mendapat gelar sarjana di bidang Teknik Elektro dari Rose-Hulman Institute of Technology. (S2)

Berita Terkait

BAGIKAN