Thailand Imbangi Myanmar, Indonesia Terancam Angkat Koper

Foto: Sea Games 2013

Naypyitaw, Sayangi.com – Timnas Indonesia terancam pulang lebih cepat setelah hanya bermain imbang 0-0 dengan Timor Leste pada penyisihan Grup B SEA Games 2013 di Thuwunna Stadium Yangon, Myanmar, Sabtu.

Dengan hasil ini anak asuh Rahmad Darmawan baru mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan. Kondisi ini jelas akan memperberat langkah Kurnia Meiga dan kawan-kawan untuk lolos ke semifinal.

Disisi lain, dua rival Timnas Garuda Muda yaitu Thailand dan Myanmar juga bermain imbang 1-1 sehingga membuat kedua tim ini mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan yang dijalani.

Meski meraih hasil kurang memuaskan saat menghadapi Timor Leste, Indonesia tetap mempunyai peluang untuk lolos ke babak berikutnya meski dengan syarat yang cukup berat yaitu mengalahkan tuan rumah Myanmar.

“Sekarang hanya berpikir bagaimana kami akan bermain lawan Myanmar. Kami akan fokus untuk bermain baik lawan Myanmar,” kata pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan.

Pria yang akrab dipanggil RD itu mengaku, melawan tuan rumah memang tidak mudah, apalagi akan mendapatkan dukungan penuh dari penonton. Meski demikian, pihaknya meminta semua pemain bermain dengan percaya diri yang tinggi.

“Kami harus berjuang pada laga terakhir. Kami tahu mereka punya dukungan penonton tetapi ini tantangan yang harus kami hadapi,” kata mantan pelatih klub Arema Indonesia itu.

Pria kelahiran Metro Lampung itu menjelaskan, pada laga melawan Myanmar pihaknya meminta kepada semua pemain untuk bermain lebih baiknya lagi. Apalagi jika dilihat dari dua pertandingan sebelumnya, kemampuan pemain mulai meningkat.

“Satu-satunya masalah adalah pemain kurang tenang. Contohnya kalau mereka bermain rapat. Mereka harus memanfaatkan lewat sayap. Tetapi seringkali saat serangan balik justru dilakukan lewat tengah. Makanya harus segera diperbaiki,” kata mantan pelatih Persipura itu.

Pertandingan terakhir melawan tuan rumah Myanmar akan dilakukan di Thuwunna Stadium, Yangon, Senin (16/12). Jika menang dengan selisih empat gol maka Timnas Garuda mempunyai kesempatan bermain disemifinal.

Jika mengalami kekalahan dari sang tuan rumah maka perjalanan Timnas Garuda Muda harus terhenti. Kesempatan untuk meraih medali emas yang sudah lama didambakan pupus. Indonesia terakhir mendapatkan emas pada pada SEA Games 1991. (ant)

Berita Terkait

BAGIKAN