Pemprov Perbaiki 163 Saluran Penghubung

beritajakarta.com

Jakarta, Sayangi.com – Upaya meminimalisir dampak banjir dan genangan selama musim penghujan terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Di Jakarta Pusat, sebanyak 163 saluran penghubung (PHB) dan 43 titik kali telah diperbaiki dan refungsi. Selain itu, pada tahun anggaran 2014 mendatang juga akan dibangun kolam penampungan atau mini folder dari dua mini folder yang sudah ada saat ini.

Kepala Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih mengatakan, di Jakarta Pusat banyak saluran yang tersumbat karena tertutup bangunan. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk melakukan penertiban terhadap bangunan yang berdiri di atas saluran air. “Kalau tak ada bangunan di atasnya, pemeliharaan akan jadi lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik dari sekarang,” ujar Herning, Minggu (15/12).

Diakui Herning, sebagai daerah ring satu, masih banyak saluran maupun turap kali di Jakarta Pusat yang perlu diperbaiki. “Selain kita perbaiki saluran yang mampet akibat bangunan yang ada di atasnya, kita juga bergerak di bidang resapan, kolam-kolam penampungan. Kita coba memperbanyak itu untuk memaksimalkan fungsi saluran yang ada untuk bisa meresapkan air hujan. Jadi, kalau ada hujan bisa ditampung dan bisa meresap ke dalam tanah,” ujarnya.

Saat ini, kata Herning, sudah ada dua kolam penampungan atau mini folder di Petamburan, Tanah Abang dan di Jl Ahmad Yani, Cempaka Putih. Ke depan, lanjut Herning, pihaknya akan membangun kembali kolam resapan di Jl Cempaka Putih Barat dan di Jl Cempaka Putih Timur seluas 350 meter persegi dengan kedalaman 1,5 meter.

“Jadi lahan-lahan kosong kita upayakan semua kita buat kolam. Di Cempaka Putih Timur itu di lahan kelurahan, termasuk di daerah Menteng juga akan kita buatkan,” ucapnya.

Tahun 2014, terang Herning, pihaknya juga akan memperbaiki turap kali atau PHB yang kondisinya memprihatinkan seperti di PHB Rawa Kerbau, Kali Sentiong, Kali Cideng Jl Zaenal Arifin sampai perbatasan Jakarta Barat – Jakarta Pusat, “Itu sudah parah rusaknya. Jadi, menyedihkan sekali jika di ring satu kondisi turapnya itu hampir ambruk,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Herning, pihaknya telah mengajukan program perbaikan tersebut kepada Bapeda dan Dinas PU. “Kalau diizinkan kita akan benahi semuanya, termasuk di tali-tali air, juga satgasnya,” tandasnya. (MD/BJ)

Berita Terkait

BAGIKAN