Ahok: Subsidi BBM Sebaiknya Buat Angkutan Umum

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta megusulkan sebaiknya subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) diberikan pada angkutan umum. Asumsinya, agar selanjutnya bisa diterapkan kebijakan gratis bagi pemakai jasa angkutan umum.

‪”Kalo APBN 100 triliun, seluruh bus akan gratis.‬ Pasti Program RFID pertamina harusnya untuk angkutan umum, bukan pribadi. Orang naik motor karena terpaksa,” katanya di Balaikota, Jakarta, (18-12-13).

Selanjutnya, Ahok juga menyinggung tentang penggunaan bahan bakar bagi mobil murah. Ia mengaku kecewa untuk pemakaian premium yang otomatis disubsidi oleh pemerintah pusat.

“Ini juga soal mobil murah, faktanya jual mobil murah, katanya gak pake premium tapi pakai RFID (Radio Frequency Identification), kan sayang,” ungkapnya.

Dia mengharapkan usulan tentang penghapusan BBM bersubsidi di DKI Jakarta tidak disalahpahami dengan menganggap melawan Undang-Undang (UU).

Setidaknya, lanjut Ahok, pengahapusan subsidi BBM untuk diarahkan pada pilihan bagi masyarakat agar mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dalam beraktifitas. Sehingga nantinya kemacetan dapat dikurangi.

“Jangan pengertian kami ganggu UU. Yang kami maksud hilangkan suplai ke DKI. Efeknya kemacetan berkurang,” ujarnya.(GWH)