Tak Lantik Walikota Tangerang, Mendagri Kirim Tim Temui Atut

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Teruntanya pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang terpilih Arief R Wismansyah dan Sachrudin mendapat perhatian dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

Dia pun mengatakan akan mengirim tim untuk menemui Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, guna membahas pelantikan Walikota Tangerang.  

“Saya besok pagi (Jumat, 20/12) rencana akan mengirimkan tim ke sana yang dipimpin staf ahli bidang politik dan pemerintahan. Akan ada pembicaraan di Banten besok, insya Allah,” katanya di Kantor Presiden, Kamis (19/12).

Sedianya Gubernur Atut melantik Walikota Tangerang terpilih Arief R Wismansyah dan wakilnya Sachrudin pada 15 Desember lalu. Namun pelantikan tersebut kemudian ditunda.

“Mudah-mudahan dengan turunnya tim besok itu, kita dapat masukan yang jelas. Kemudian termasuk juga bagaimana soal pelantikan Walikota Tangerang,” kata Gamawan seperti dikutip Antara.

Gamawan menambahkan, sesuai undang-undang, kepala daerah baru akan dinonaktifkan bila telah ditetapkan sebagai terdakwa oleh KPK. Untuk itu, Gubernur Atut tetap masih dapat memimpin.

“UU mengatakan bahwa kepala daerah dinonaktifkan apabila ditetapkan sebagai terdakwa, sekarangkan baru tersangka,” katanya.(GWH)

Ia menambahkan, pada hakekatnya, Ratu Atut masih dapat melakukan pelantikan. “Boleh melantik tapi apa beliau berkenan sekarang,” katanya.

Gamawan menambahkan, bila Gubernur Atut tidak berkenan melantik, dapat mengembalikan mandat pelantikan kepada Presiden. “Dan Presiden akan menunjuk siapa yang akan melantik. Apakah saya selaku Mendagri atau Wakil Gubernur,” kata Gamawan.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN