Persebaya Lolos ke Semi Final Usai Tekuk Persib

Bangkalan, Sayangi.com – Persebaya Surabaya memastikan lolos ke babak semifinal turnamen Piala Gubernur Jatim 2013, setelah menaklukkan Persib Bandung 1-0 pada laga penyisihan terakhir Grup A di Stadion Gelora Bangkalan, Kamis petang.

Gol tunggal kemenangan Persebaya dicetak Ari Prihatna pada menit ke-38, sekaligus mengantar tim berjuluk “Bajul Ijo” bertengger di puncak klasemen Grup A dengan nilai empat, unggul satu angka dari Persib Bandung.

“Kami bersyukur mampu memenuhi target lolos semifinal. Setelah ini, kami fokus membenahi kondisi fisik dan kerja sama antarpemain,” kata asisten pelatih Persebaya, Tony Ho, usai pertandingan.

Selain Persebaya, satu tim lagi yang sudah memastikan tiket semifinal adalah Persegres Gresik United dari Grup C dengan mengoleksi nilai empat, hasil sekali menang lawan PSM Makassar dan imbang dengan Persela Lamongan.

Dua tiket tersisa lainnya masih akan ditentukan pada laga terakhir penyisihan Grup B antara Arema Cronus melawan Persik Kediri, serta di Grup C yang mempertemukan tuan rumah Persela dengan PSM Makassar.

Arema Cronus yang sudah membukukan nilai tiga, memiliki peluang cukup besar untuk lolos karena tinggal membutuhkan hasil imbang. Sementara Persela dengan nilai satu harus meraih kemenangan untuk lolos.

Pertandingan Persebaya melawan Persib berjalan dalam tempo sedang. Emmanuel “Paco” Kenmogne memperoleh peluang emas pada menit ke-29, tapi tendangannya masih mampu ditepis penjaga gawang Persib, I Made Wirawan.

Tidak berselang lama, giliran penjaga gawang Persebaya Jendry Pitoy yang menyelamatkan gawangnya saat menepis bola sontekan Firman Utina.

Persebaya akhirnya mendapatkan gol setelah tendangan keras pemain pengganti Ari Prihatna saat meneruskan umpan Hasyim Kipuw tidak mampu dijangkau Made Wirawan.

Persib berusaha tampil lebih agresif pada babak kedua, tetapi Jendry Pitoy beberapa kali mematahkan serangan lawan, termasuk tendangan bebas dari Ahmad Juprianto.

Sekitar 15 menit menjelang laga usai, Tony Ho memasukkan penyerang Greg Nwokolo dan pemain bertahan Daniel Monchare untuk mengimbangi tekanan Persib. Hingga peluit akhir berbunyi, skor 1-0 untuk Persebaya tidak berubah.

Pelatih Persib Jajang Nurjaman mengatakan secara permainan, timnya lebih menguasai pertandingan dan memiliki banyak peluang, tetapi penyelesaian akhir tidak maksimal.

“Sebaliknya, Persebaya tidak banyak memiliki peluang dan hanya sekali melakukan ‘shooting’ (tendangan), tapi berbuah gol,” katanya. (ant)