Ini Dia Pahabol, Penentu Kemenangan Indonesia atas Malaysia

Sayangi.com/Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Yohannes Ferinando Pahabol, lahir di Yalimek Angguruk, Yahukimo, Papua, 16 Januari 1992 adalah pesepak-bola kesayangan pelatih asal Brasil Jacksen F Thiago, sekaligus pelatihnya di klub juara Liga Indonesia, Persipura.

Pahabol yang hanya bertinggi badan 157 dan berat 52 Kg inilah penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia, sehingga Tim Garuda sukses melenggang ke Final Seagames Myanmar 2013 ini.

Tidak banyak latar belakang tentang pemain bertubuh mungil dan lincah ini yang bisa dikorek dari media sosial. Bahkan tanggal lahirnya pun berlainan antara media satu dan media lainnya, sebab ada juga media yang menulis Pahabol lahir 1 Januari 1990. Ada pula yang menyebutan Pahabol lahir 1 Juni 1992. Mana yang benar? Allahu’alam.

Tapi yang jelas usianya di bawah 23 tahun sehingga mantan pemain Persidafon Dafonsoro, Sentani, itu berhak tampil dalam Timnas Indonesia Garuda Muda yang ditangani duet pelatih Rahmad Dharmawan – Aji Santoso dalam Seagames kali ini.

Kendati sering ditempatkan sebagai pemain pengganti, bukan strater, namun acap kali dia menjadi penentu kemenangan tim yang dibelanya. Seperti saat uji coba Timnas lawan PSS Sleman yang dimenangkan Timnas 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta dibuat Pahabol dari tembakan sudut sempit.

Tidak mengherankan bila anak dataran tinggi Papua ini disebut Joker. Karena dia kartu yang biasanya dimainkan di akhir permainan dan sangat diharapkan sebagai penentu kemenangan.

Sang Joker itu pula yang menamatkan perjuangan Malaysia lewat tendangan pinalti kelimanya. Selamat Timnas Indonesia, semoga medali emas untuk sepakbola dalam Seagames ke-27 Myanmar kali ini tidak lepas dari genggaman Indonesia. (MD)