Madrid dan Barca Dituduh Terima Dana Ilegal

Foto: Real Madrid

Madrid, Sayangi.com – Kementerian Luar Negeri Spanyol mengumumkan, tujuh klub sepak bola Spanyol, termasuk Barcelona dan Real Madrid, tengah diselidiki oleh Komisi Investigasi Eropa karena diduga menerima bantuan dana ilegal dari pemerintah.

“Tentu saja pemerintah akan berjuang habis-habisan untuk membela klub-klub ini, karena mereka adalah bagian dari brand Spanyol,” ujar Menteri Luar Negeri Spanyol, Manuel Garcia-Margallo, seperti dilansir Football Espana.

Madrid, Barcelona, Athletic Bilbao dan Osasuna dikabarkan tengah diselidiki Komisi Investigasi Eropa terkait status pajak. Salah satu alasannya, keempat klub itu bukan merupakan perusahaan, sehingga ada potensi pengemplangan pajak.

Madrid juga diselidiki terkait pembelian tanah di bagian utara kota Madrid, yang rencananya dijadikan tempat pemusatan latihan. Sedangkan, Athletic diinvestigasi terkait kemungkinan adanya keterlibatan pemerintah dalam pembangunan markas baru klub, The New San Mames Stadium.

Sementara itu, Valencia, Hercules, dan Elche masuk ke dalam daftar penyelidikan karena diduga menerima bantuan ilegal dari Institut Keuangan Valencia. Pemerintah Kota Valencia sebelumnya mengabarkan gelontoran dana pinjaman untuk ketiga klub tersebut mencapai total 118 juta euro.

Penyelidikan Komisi Investigasi Eropa akan dilakukan pada 18 atau 19 Desember 2013. Ketujuh klub yang bakal diselidiki mempunyai waktu selama empat bulan untuk melampirkan atau memberikan sejumlah data dan bukti terkait kasus tersebut. (goal.com)