Juada 8 Jam, Kue Istimewa Wong Palembang

kue8jam.com/www.overfans.biz

Palembang, Sayangi.com – Jika lebaran tiba dan kebetulan kita bertandang ke rumah orang Palembang, kue istimewa yang memiliki rasa legit menggigit dengan aroma karamel yang wangi akan tersaji apik di meja tamu. Ya,  inilah yang disebut dengan juada atau kue 8 jam. Nama kue ini diambil dari lama cara proses pembuatan kue tersebut yang lamanya 8 jam.  Dalam waktu ini juga untuk dapat menghasilkan hasil yang bagus dan memuaskan.

Waktu proses pembuatan kue ini memang relatif lama dan sudah pasti melelahkan. Namun disaat anda mencicipi rasa legit dan dan manisnya, maka rasa lelah dalam penantian panjang selama 8 jam pasti langsung terbayarkan.

Dahulu Kue 8 jam ini hanya boleh dinikmati oleh oleh kalangan bangsawan Palembang saja. Namun sekarang kue dengan warna khas kecoklatan tersebut dapat dinikmati oleh siapa saja. Hanya saja kue ini tidak bisa didapatkan setiap hari, kecuali moment spesial saja seperti pada hari Raya Idul Fitri ataupun imlek.

Alasan mengapa kue ini harus dimasak selama 8 jam dikarenakan proses pemasakan kue ini mengikuti proses bahan mentahnya, yakni telur, gula dan susu. Dalam waktu 8 jam, ketiga bahan ini akan mengental dan membentuk karamel. Jika proses pengukusan kurang dari 8 jam, maka kue ini tidak akan terasa kenyal dan akan mudah hancur karena belum terbentuk adonan yang kuat. Setelah matang biarkan kue ini sampai benar-benar dingin barulah dapat dipotong-potong dan disajikan

Agar anda dapat mencoba memasaknya dirumah, yuk kita lihat resepnya dibawah ini :

BAHAN :
20 butir telur ayam
750 gr gula pasir
4 sdm margarin,
cairkan 1 kaleng susu kental manis

CARA MEMBUAT :
Kocok telur dan gula pasir sampai tercampur rata dan setengah mengembang. Tambahkan susu kental manis, margarin cair, aduk rata. Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan ke dalam loyang segi empat berukuran 20 x 20 cm, kemudian tutup bagian atas loyang dengan serbet/plastik tahan panas dan ikat sekeliling loyang dengan tali plastik, supaya adonan tidak tumpah keluar loyang dan untuk menjaga agar embun dalam dandang nantinya tidak jatuh ke dalam adonan.

Kukus dalam dandang selama 8 jam.

Untuk menjaga agar warna kue tidak berubah, tutup rapat dandang dan tambahkan air ke dalam dandang setiap 1 jam

Setelah 8 jam, angkat dan dinginkan kue. Setelah dingin, keluarkan dari loyang dan siap disajikan.

Tidak terlalu sulit bukan? hanya memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran jika anda ingin membuat kue 8 jam ini. Selamat mencoba. (VAL/anekaresepkuenusantara)

Berita Terkait

BAGIKAN