Akhirnya, Rakyat Kuba Bisa Tinggalkan Mobil Bobroknya

Foto: bbc/gettyimage

Havana, Sayangi.com – Rakyat Kuba yang selama ini hanya bisa dan boleh membeli mobil-mobil yang dibuat sebelum revolusi 1959, boleh berlega hati. Kini mereka dibolehkan membeli mobil impor.

Sebuah media Pemerintah menulis, Pemerintah Kuba akhirnya mengizinkan rakyatnya membeli mobil buatan asing, baik baru maupun bekas. Ya, rakyat Kuba kini tidak lagi memerlukan izin pemerintah untuk membeli mobil bagus keluaran terbaru dari pabrikan-pabrikan terkemuka manca negara. Media lokal menyebut, perubahan itu bagian dari upaya untuk membangkitkan perekonomian Kuba.

Aturan baru ini dikeluarkan menyusul pembaharuan atau reformasi yang terjadi pada 2011. Rakyat Kuba selama ini hanya bisa membeli mobil yang dibuat sebelum revolusi tahun 1959. Waga Kuba bisa saling menjual dan membeli mobil, tapi harus meminta izin dari pemerintah untuk membeli mobil baru atau bekas dari pedagang ritel yang juga dikendalikan negara. Selain mobil, kepemilikan properti swasta juga sangat dibatasi di negara pulau berideologi komunis itu sejak 1959.

Prioritas izin pun biasanya diberikan pada orang yang “bermanfaat untuk negara”, seperti dokter dan diplomat. Tetapi koran Partai Komunis, Granma mengatakan Dewan Menteri menyetujui peraturan baru pada hari Rabu untuk memangkas mekanisme yang ada mengenai persetujuan untuk membeli kendaraan bermotor yang selama ini diatur oleh negara.

Sebagai dampaknya, penjualan sepeda motor, mobil, van, truk kecil dan minibus untuk warga Kuba dan warga asing, perusahaan serta diplomat, baik baru mau pun bekas dibebaskan dari persyaratan-persyaratan yang ada sebelumnya. Namun, semua pembelian tetap harus melalui ritel resmi pemerintah dan tak diizinkan mengimpor kendaraan secara pribadi. (MSR/BBC)

Berita Terkait

BAGIKAN