Pria Bersenjata Tewaskan Walikota di Bandara Manila

Foto: wikipedia.org

Manila, Sayangi.com – Dua pria bersenjata beraksi di sebuah terminal di bandara internasional Manila pada Jumat (20/12) siang ini, menewaskan seorang walikota dan tiga orang lainnya.

Berita CNN menyebutkan, serangan itu menimbulkan kepanikan luar biasa diantara para pengunjung bandara. Penembakan di Terminal 3 Bandara Internasional Ninoy Aquino itu sangat cepat dan mengejutkan. Walikota Labangan (Filipina Selatan) Ukol Talumpa tewas seketika, kata Jose Angel Honrado, General Manager Manila International Airport Authority. Identitas korban-korban lainnya yang ikut tewas dalam peristiwa itu belum dikonfirmasi oleh polisi.

Kepolisian Filipina, kata Honrado, masih menyelidiki penembakan yang diyakini melibatkan dua orang tersebut, dan terjadi sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat. Sejauh ini, jadwal penerbangan di bandara tak mengalami gangguan, kecuali layanan publik di dekat lokasi penembakan.

Media lokal melaporkan, Talumpa sebelumnya pernah mengalami percobaan pembunuhan di Manila pada 2010, namun ia berhasil selamat. Kali ini, penyerang langsung mendatangi Talumpa dan menembaknya dari jarak dekat, kemudian melarikan diri kali ini disebut-sebut melarikan diri menggunakan sepeda motor, mereka tiba-tiba saja menyerang Talumpa dan dengan cepat melepaskan tembakan yang tak bisa dicegah para pengawal dan aparat keamanan.  

Kekerasan dalam politik kerap menjadi momok di Filipina. Pihak berwenang mengatakan, ada lebih dari 1,2 juta senjata api yang terdaftar di negara itu tahun lalu dan memperkirakan ada sekitar 600.000 senjata api tanpa izin yang beredar secara nasional. (MSR/CNN)