4 Komoditi Buatan Indonesia yang Mendunia

Jakarta, Sayangi.com – Kebanyakan orang Indonesia merasa bangga apabila memakai barang buatan luar negeri. Kebanggaan tersebut memang baralasan. Produk luar negeri yang dipakai itu memiliki kualitas yang baik, dan harganya yang mahal seolah-olah menaikan gengsi pemakainya. Namun, ternyata ada juga produk dalam negeri yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Bahkan, produk Indonesia ada yang menjadi langganan tetap dan dipercayai oleh orang luar negeri sebagai buatan yang terbaik.

Diantaranya, ada 4 komoditi buatan Indonesia, yaitu:

1. Seragam Nato
NATO atau North Atlantic Treaty Organization adalah sebuah organisasi  Internasional untuk keamanan dunia. Indonesia memang bukan merupakan salah satu anggota NATO, akan tetapi ternyata Indonesia menjadi negara yang memproduksi seragam serdadu NATO. Seragam NATO ini di produksi oleh PT.Sritex, satu perusahaan yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah.

2. Boneka Barbie
Siapa yang tidak kenal dengan boneka cantik dan anggun satu ini. Boneka Barbie merupakan boneka yang terkenal dan juga sangat laris dijual di seluruh dunia. Boneka ini pertama kali diperkenalkan di American International Toy Fair pada tahun 1959. Tidak hanya anak-anak saja yang menggemari boneka satu ini, tidak sedikit orang dewasa yang juga senang mengoleksi Boneka Barbie. Ternyata dalam proses pembuatannya, boneka barbie ini hanya memiliki dua pabrik. Pabrik boneka Barbie pertama berada di Cina dan yang kedua di Indonesia lebih tepatnya di Jababeka Cikarang, Jawa Barat.

3. Air Bridge Bandara
Bagi sebagian orang nama Air Bridge mungkin terdengar agak asing, namun bagi anda yang sering menggunakannya mungkin sudah tidak asing lagi. Yaa, Air Bridge adalah tangga belalai yang digunakan disaat para penumpang pesawat akan menuju kedalam pesawat. Air Bridge yang banyak digunakan di seluruh bandara di dunia ini juga ternyata buatan Indonesia, PT. Bukaka lah yang memproduksi Air Bridge ini.

4. Knalpot Mercedes Benz
Siapa yang tidak kenal dengan mobil mewah bermerk Mercedes Benz. Kendaraan mewah yang berasal dari Jerman ini banyak dimiliki oleh kalangan atas baik di Indonesia ataupun di negara-negara lain di seluruh dunia. Ternyata Mercedez Benz yang merupakan merk mobil tertua di dunia itu mempercayai Indonesia untuk bekerja sama dengannya dalam memproduksi mobil mereka dalam pembuatan knalpot. Pembuatan knalpot mobil Mercedes Benz ini sepenuhnya dikerjakan di Purbalingga Jawa Tengah. (Berbagaisumber)