Diampuni Putin, Mikhail Khodorkovsky Bebas Dari Penjara

Moskow, Sayangi.Com– Mantan orang terkaya Rusia, Mikhail Khodorkovsky, dibebaskan dari penjara setelah mendapat pengampunan dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dekrit pengampunan Khodorkovsky itu ditandatangani Putin dengan alasan ‘prinsip kemanusiaan’. Presiden Putin mengatakan bahwa mantan raja minyak tersebut meminta pengampunan karena ibunya sakit.

Khodorkovsky -yang sudah mendekam satu dekade di penjara- dihukum dengan dakwaan penggelapan pajak dan pencurian setelah memberi sumbangan kepada partai-partai oposisi.

Pengampunan ini muncul setelah majelis rendah parlemen Rusia mengesahkan pengampunan atas sedikitnya 20.000 tahanan.

Tak lama setelah dekrit dikeluarkan, Khodorkovsky langsung dibebaskan, seperti dijelaskan seorang sipir penjara di kawasan Karelia, Rusia barat laut, dan kantor berita Interfax melaporkan dia meninggalkan penjara tengah hari waktu setempat.

Namun masih belum ada pengukuhan yang independen atas bebasnya pria berusia 50 tahun tersebut, yang pernah menjadi salah seorang terkaya di Rusia.

Amnesti yang sudah disahkan, menurut Putin, juga berlaku untuk anggota band punk Pussy Riot dan para pegiat Greenpeace, yang ditahan karena aksi unjuk rasa di anjungan minyak milik Rusia di Kutub Utara. (BBCIndonesia)

Berita Terkait

BAGIKAN