Dua Tentara PBB Ikut Jadi Korban di Sudan Selatan

Foto: NHK

Jonglei, Sayangi.com – Dua orang tentara India yang ikut ambil bagian dalam misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Sudan Selatan dilaporkan tewas dalam sebuah serangan terhadap fasilitas PBB.

Televisi Jepang NHK melaporkan, pertempuran meletus antara tentara Sudan Selatan pada Minggu lalu di ibukota negara, Juba, dan merembet ke kawasan lainnya. Sebuah kelompok bersenjata pada hari Kamis kemarin menyerang fasilitas PBB di negara bagian timur Jonglei.

Menteri Luar Negeri India dan sejumlah sumber lainnya mengatakan banyak warga setempat yang mencari perlindungan di fasilitas PBB itu dalam kondisi terluka. Wakil Sekretaris Jenderal PBB Jan Eliasson mengecam serangan ini. Dia mengatakan pasukan PBB akan melakukan apapun untuk melindungi warga setempat.

Pemerintah Sudan Selatan mengatakan, sejauh ini pertempuran telah menewaskan sedikitnya 500 tentara dan warga sipil. Presiden Salva Kiir menuduh sebuah kelompok yang dekat dengan mantan Wakil Presiden Riek Machar berencana melakukan kudeta. (MSR/NHK)