Jepang dan Cina Sepakat Kedepankan Cara-Cara Damai

Foto: scmp.com

Tokyo, Sayangi.com – Pemerintah Jepang dan Cina, dua negara yang tengah berseteru menyangkut perbatasan laut, akhirnya bersepakat untuk menyelesaikan masalah mereka di jalur dialog, demikian dilaporkan oleh Kantor Berita Jepang NHK.

Kesepakatan itu dicapai oleh Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dan Duta Besar Cina untuk Jepang Cheng Yonghua. Keduanya bertemu untuk memecahkan masalah bilateral kedua negara yang belakangan terganggu oleh masalah klaim batas laut, yang dipicu oleh Zona Identifikasi Pertahanan baru yang umumkan Cina belum lama ini. Termasuk sengketa Kepulauan Senkaku yang kini dimiliki Jepang, namun diklaim juga oleh Cina dan Taiwan.

Mereka sepakat, hubungan Jepang dan Cina adalah hubungan bilateral yang sangat penting. Mereka juga menyetujui untuk mengedepankan dialog guna membangun hubungan saling menguntungkan yang strategis di masa mendatang. Usai pertemuan, Kishida menggambarkan pertemuan tersebut berlangsung dengan suasana yang sangat baik. Dia mengatakan, Jepang akan melakukan apapun untuk meningkatkan hubungan dengan Cina. Karena sekarang keduanya sepakat atas pentingnya dialog. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN