Pasca-Tragedi Maut, Lalin Perlintasan KA Bintaro Jadi Satu Arah

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Untuk meminimalisir kecelakaan kereta api (KA) dengan kendaraan roda empat dan roda dua di perlintasan Bintaro, Jakarta Selatan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menerapkan pengaturan lalu lintas (lalin) satu arah. Peraturan tersebut akan diberlakukan mulai Senin (23/12/2013) mendatang. Pengaturan ini juga diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan Bintaro Permai yang biasa terjadi, terutama di jam sibuk.

Penerapan sistem satu arah ini diterapkan di ruas Jalan Bintaro Permai Raya, dari arah barat menuju timur (segmen perlintasan rel KA Ulujami sampai dengan Jln RC Veteran).

“Pengaturan lalu lintas satu arah juga diterapkan di ruas jalan sejajar tol Jakarta-Tangerang persisnya di depan Universitas Moestopo dari arah Jln RC Veteran menuju Jln Bintaro Permai Raya,” kata Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sabtu (21/12).

Dengan adanya pemberlakuan sistem satu arah (SSA) di ruas Jln Bintaro Permai dan jalan sejajar Tol Jakarta-Tangerang tersebut, Pristono mengimbau kepada pengguna jalan yang ingin menuju Pondok Betung/Pondok Aren/Pesanggarahan/Ulujami yang selama ini dapat melalui Jln Bintaro Permai diminta melalui Jln Kesehatan via Tanah Kusir. Selain itu juga bisa melalui Jln Ulujami Raya via Cipulir atau Jln Moh Saidi Raya via Kostrad.

“Para pengguna jalan dan operator angkutan umum dimohon menyesuaikan dengan pengaturan yang akan diterapkan awal pekan depan,” tuturnya, dikutip laman Pemprov DKI.

Pristono menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengecetan marka yellow box persis di kedua perlintasan KA di Jalan Bintaro Permai dan Bintaro Puspita. Pembuatan yellow box ini juga untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan perjalanan kereta api pada areal di sekitar pintu perlintasan KA.

Yellow box menunjukkan area aman yang harus bebas dari antrean kendaraan saat kereta api melintas,” tambahnya.