Suriah, Filipina, dan India Neraka Buat Wartawan

Foto: heavy.com

London, Sayangi.com – International News Safety Institute (INSI) pada Jumat (20/12) melepas rilis yang menyebutkan, tahun 2013 ini ada 126 wartawan berita dan pekerja media yang tewas sehubungan dengan pekerjaannya. Dan selama 2 tahun berturut-turut, Suriah menjadi neraka alias tempat paling berbahaya bagi wartawan.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini jumlah wartawan atau pekerja media yang tewas berkurang 21 orang, tetapi INSI mengemukakan, jumlah wartawan yang ditahan atau tidak jelas keberadaannya saat meliput berita bertambah banyak. INSI mengutarakan, tahun ini ada 19 wartawan yang tewas di Suriah, setidaknya 18 wartawan internasional dan 20 wartawan Suriah yang ditahan atau tidak diketahui keberadaanya.

Kantor Pusat INSI yang berada di London, Inggris tidak menjelaskan apakah wartawan-wartawan tersebut masih berada di tangan oposisi Suriah. Secara keseluruhan, wartawan yang tewas di Suriah tahun ini telah berkurang banyak dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 28 wartawan, tetapi wartawan domestik dan internasional yang ditahan jumlahnya bertambah banyak, mengakibatkan banyak media internasional tidak berani mengutus wartawannya untuk meliput berita di Suriah.

INSI menyampaikan, selain Suriah, Filipina dan India merupakan negara yang membahayakan bagi wartawan, tahun ini sudah ada 13 wartawan yang tewas saat bekerja di kedua negara, sementara ada 11 wartawan tewas di Irak. (MSR/RTI)

Berita Terkait

BAGIKAN