Ini Tiga Tipe Mobil Listrik yang Dipamerkan Kemenristek Hari Ini

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Menutup rangkaian kegiatan uji coba kendaraan massal berbasis listrik yang telah digelar di empat kota besar yaitu, Jogjakarta, Bandung, Solo dan Surabaya, Kementerian Riset dan Teknologi pada hari Sabtu (21/12/2013) menggelar uji coba terakhir di Jakarta.

Acara diawali dengan menggelar malam keakraban teknologi kendaraan listrik yang di gelar di Ruang Auditorium gedung 2 BPPT lantai 3 Jl. M.H tamrin no.8 Jakarta Pusat. Acara ini disemarakkan dengan Tarian Budaya Betawi Langgam Jakarta dan pemutaran video roadshow ujicoba kendaraan listrik yang diproduksi oleh PT. Sarimas Ahmadi Pratama ini.

Uniknya, sebelum acara dimulai, digelar terlebih dahulu pameran mobil listrik yang sedianya akan diproduksi secara massal pada 2017. Setidaknya tiga tipe mobil yang dipamerkan.

Pertama, mobil electric vehicle Indonesia (model City Car). Karakter mobil ini hemat energi, ramah lingkungan, mudah perawatan, nyaman, halus, dan responsif dengan kecepatan 12 km/jam dan jarak tempuh 135 km/charging.

Tipe kedua Luxury elektric Car. Mobil ini memiliki karakter hemat energi, ramah lingkungan, mudah perawatan, nyaman, halus, dan responsif. Mobil ini berkecepatan 160 km/jam dengan jarak tempuh 200 km/charging.

Sedangkan tipe ketiga Electric Micro Bus dengan karakter hemat energi, ramah lingkungan, mudah perawatan, nyaman, halus, dan responsif. Kecepatannya 120 km/jam dengan jarak tempuh 170 km/charging.

Usai pameran, ada beberapa agenda yang direncanakan. Di antaranya pemaparan rencana ujicoba kendaraan listrik dan sambutan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, dan orasi industrialisasi teknologi kendaraan listrik oleh Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

Selanjutnya, pada Minggu (22/12/2013) pagi, Kemenristek akan menggelar pesta rakyat teknologi kendaraan listrik di Silang Monas Tenggara, Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. (RH/Eman)