Cabang Sepak Bola Kembali Gagal Persembahkan Emas

Foto: Ant

Naypyitaw, Myanmar, Sayangi.com – Indonesia kembali gagal mempersembahkan medali emas cabang sepak bola SEA Games 2013 setelah di final menyerah 0-1 dari Thailand. Gol tunggal negeri Gajah Putih itu dicetak oleh Sarawut Masuk pada menit ke-22.

Pada pertandingan yang dihelat di Zeyar Thiri Stadium Sabtu (21/12) malam, kedua tim bermain terbuka dengan melancarkan serangan bergantian.

Pada menit ke-8, Kurnia Meiga berhasil mengagalkan tembakan jarak jauh Pokklaw Anan.

Empat menit kemudian, gantian Ramdani Lestaluhu balas melepaskan shooting tepat ke penjaga gawang Thailand.

Namun melalui serangan balik, Sarawut Masuk berhasil membuka keunggulan 1-0 atas Indonesia. Berawal dari umpan Thitiphan Puangjan, Sarawut menaklukkan Kurnia Meiga dengan mencungkil bola di depan gawang Indonesia. Skor 1-0 ini bertahan hingga jeda.

Tertinggal satu gol Garuda Muda mencoba bangkit di babak kedua. Pelatih Rahmad Darmawan menarik keluar Manahati Lestusen dan memasukkan Andri Ibo. RD harus menarik Manahati setelah ia tampak mengalami cedera di bagian perut. Selain itu, untuk menambah daya gedor Yohanes Ferinando Pahabol dimasukan menggantikan Yandi Sofyan.

Pergantian sejumlah pemain itu sempat merepotkan barisan pertahanan Thailand. Hasilnya pada menit ke 75, Indonesia hampir saja berhasil menciptakan gol balasan. Sayang, tendangan jarak dekar Ramdani masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Thailand.

Demikian juga dengan Yohanes Pahabol yang mendapatkan ruang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Thailand. Sayang, sepakan kerasnya masih melayang di atas mistar gawang Kawin Thammasatchanan.

Hingga wasit meniupkan pluit panjang, skor tetap tidak berubah 1-0 untuk kemenangan Thailand. Dengan kemenangan ini Thailand berhak mendapat medali emas dan Indonesia harus puas dengan perak.

Indonesia terakhir merebut emas pada 1991 saat SEA Games di Jakarta.  
Indonesia : Kurnia Meiga (pg), Alfin Tuasalamony, Mokhamad Syaifudin, Manahati Lestusen, Diego Michiels, Rizky Pellu, Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Dedi Kusnandar dan Yandi Sofyan.

Thailand : Kawin Thamsatchanan (pg), Sarawut Masuk, Kroekrit Thawikan, Praweenwat Boon Yong, Charyl Yannic Champpuis, Pokklaw A Nan, Adisak Kraisorn, Atit Daosawang, Thitiphan Puangjan, Sakolwach Sakolla dan Theeratho Bunmathen (k).

Wasit : Wang Zhe (China) Asisten Wasit : Lam Chi Cho (Hongkong) dan Lee Hung Ping (Taiwan)

Berita Terkait

BAGIKAN