Presiden SBY Apresiasi Perjuangan Timnas U-23

Foto: Ant

Naypyitaw, Myanmar, Sayangi.com – Presiden SBY mengapresiasi perjuangan Timnas U-23 di ajang SEA Games Myanmar, meski di final kalah dari Thailand dengan skor tipis 0-1. Melalui akun twitternya SBY mengaku bangga dengan perjuang tim Merah-Putih.

“Indonesia bangga atas perjuangan maksimal Tim Garuda U-23 dlm final SEA Games 2013. Terus semangat & tingkatkan kualitas permainan, ” demikian tulis SBY.

Berbicara masalah kualitas, Indonesia memang kalah setingkat dari Thailand. Apalagi fisik para punggawa Garuda Muda sudah terkuras di semifinal. Ketika itu Kurnia Miega dkk harus dipaksa bermain 120 menit melawan Malaysia, dan kemudian dilanjutkan dengan adu penalti.

Sementara Thailand hanya bermain selama waktu normal 90 menit ketika mengalahkan Singapura 2-1 di babak empat besar lainnya.

Dengan hasil ini Indonesia harus puas dengan medali perak. Sementara Thailand merebut emas dan Singapura mendapat perunggu setelah menaklukan juara bertahan Malaysia.   

Sekedar informasi, pelatih Timnas Thailand U-23, Kiatisuk Senamuang, menambah koleksi gelar pribadi. Setelah sukses sebagai pemain andalan Negeri Gajah Putih, kini dia sukses sebagai pelatih.

Sebagai pemain Kiatisak Senamuang bermain di timnas pada 1992-2007. Di pesta olahraga antar negara di kawasan Asia Tenggara, SEA Games, penyerang andalan timnas Thailand itu meraih empat medali emas di 1993, 1995, 1997, dan 1999. Sementara, sebagai pelatih dia membawa Thailand meraih medali emas pada SEA Games 2013.

Apabila membandingkan antara Kiatisak Senamuang dengan pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan. Tentu saja sangat berbeda. Sebagai pemain RD bermain di timnas Indonesia pada 1986-1994.

Sebagai pelatih RD hanya mempersembahkan dua medali perak di SEA Games 2011 dan 2013. Kemudian raihan medali perak di Islamic Solidarity Games (ISG) III di Palembang pada 2013.  

Berita Terkait

BAGIKAN