Obama Habiskan Liburan Akhir Tahun di Hawaii

Foto: (AP/usatoday.com)

Honolulu, Sayangi.com – Presiden Amerika Serikat Barack Obama berada di Hawaii yang cerah Sabtu untuk liburan 16 hari setelah setahun melelahkan di Gedung Putih.

Obama, istrinya Michelle, dan putri Malia dan Sasha mendarat di Honolulu pada sekitar pukul 23.30 waktu setempat Jumat (09.30 GMT Sabtu) dan dijemput di ‘tarmac’ oleh Laksamana Samuel Locklear, kepala Komando Pasifik AS, Gubernur Hawaii Neil Abercrombie, dan Wali kota Honolulu Kirk Caldwell.

Keluarga Obama kemudian naik mobil dengan iring-iringan dan sampai di rumah sewa mereka sekitar 50 menit kemudian.

Obama memulai tahun 2013 dengan melambungkan pidato pelantikan yang meletakkan agenda ambisius jangka kedua setelah kampanye pemilihan kembali yang sukses.

Dia mengakhirinya Jumat di Washington dengan konferensi pers yang membosankan, membelokkan penilaian mengerikan dari prospek dan dengan hati-hati menguji sebuah pesan optimis untuk tahun 2014: “Kami siap untuk melakukan hal-hal yang benar-benar baik.” Presidensi jabatan kedua selalu sulit, seperti kelelahan, janji-janji yang belum terpenuhi dan memudarnya semangat politik pemerintahan.

Namun agenda Obama terperosok dalam kemacetan Kongres, dan peringkat persetujuannya telah jatuh ke rekor terendah.

“Anda tahu, akhir tahun selalu waktu yang baik untuk merenung dan melihat apa yang dapat Anda lakukan lebih baik tahun depan,” kata Obama pada konferensi pers.

“Begitulah cara saya berniat untuk mendekatinya. Saya yakin bahwa saya akan memiliki gagasan yang lebih baik setelah beberapa hari tidur dan menikmati matahari.”(ant)