Masa Bhakti Rahmad Darmawan di Timnas U-23 Berakhir

Foto: ant

Myanmar, Sayangi.com – Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan menuntaskan tugasnya sebagai arsitek Garuda Muda dengan medali Perak di SEA Games 2013. Sebelumnya RD sapaan akrabnya di targetkan merebut emas yang terakhir kali di dapat pada SEA Games 1991.

Marinir aktif TNI Angkatan Laut, dengan pangkat Kapten Laut (KH) itu sudah memberikan yang terbaik untuk tim Merah Putih meski dinilai kurang beruntung.

“Yang pasti, kami sudah memberikan usaha yang terbaik walau hasilnya belum maksimal. Kita semua kecewa dengan hasil ini. Biarlah saya yang bertanggung jawab sepenuhnya karena pemain sudah tampil luar biasa. Mereka bermain all-out, bahkan memaksakan diri tetap bermain walau mengalami cedera dan berdarah,” kata Rahmad Darmawan usai pertandingan.

“Bicara sepak bola tidak lepas dari faktor keberuntungan. Permainan tim hari ini sudah sesuai dengan rencana. Di babak pertama, kita memang mau bermain sabar dan menunggu serangan Thailand. Cuma, kami kecolongan. Saya juga sudah yakin kita bisa membalas di babak kedua karena dari hasil analisis Thailand memang selalu menurun setelah istirahat. Patut diakui bahwa anak-anak juga sedikit kurang tenang. Semestinya, ketika lawan sudah mulai habis, kita harus lebih banyak memanfaatkan lebar lapangan,” paparnya.

RD ingin istirahat dari tugas-tugas timnas setidaknya selama satu tahun. Akan tetapi, ia tidak menutup kemungkinan kembali menjadi pelatih timnas.

Setelah menuntaskan tugasnya di timnas Rahmad Darmawan akan memfokuskan diri kembali menukangi klub barunya. Ya, mulai musim depan Liga Super Indonesia, RD akan fokus menangani Persebaya Surabaya.

“Saya sendiri ingin istirahat dulu dari tugas timnas setidaknya selama setahun. Tapi, jika di masa depan kesempatan itu masih datang, saya tentu akan mempertimbangkannya,” ungkap Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Rahmad pernah menjabat pelatih tim nasional Indonesia U-23, sebelum ia mengundurkan diri pada 13 Desember 2011. Pada tanggal 19 Januari 2012 Rahmad resmi menjadi pelatih klub Pelita Jaya. Dan di tahun awal musim 2012-2013 RD Melatih klub asal Malang Arema Indonesia. Pada tahun 2013, ia resmi menjadi Pelatih Kepala Timnas U-23 dan mengelar TC pada Juni.

Sementara itu dari Jakarta, Ketua BTN, La Nyalla Mahmud Mattalitti setelah menyaksikan acara nonton bareng PSSI di pintu merah area komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, mengatakan: “Rahmad Darmawan sudah tidak mungkin. Dia sudah menangani klub Persebaya, pelatih yang akan datang tidak boleh menangani klub,” ujarnya.

Mengenai pengganti dari pelatih yang sudah menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 itu, La Nyalla mengaku, pihaknya akan melakukan seleksi terhadap pelatih-pelatih yang ada di Indonesia.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso dan mantan pelatih Timnas Indonesia, Nilmaizar masuk dalam daftar calon pelatih.

“Sudah ada nama-nama. Saat ini lagi diseleksi. Saya harap pelatih lokal. Bisa jadi Aji Santoso naik, bisa juga Nilmaizar atau yang lain. Nanti Ada feet and proper test,” kata La Nyalla yang juga menjabat Wakil Ketum PSSI.