3 in 1 Bakal Diterapkan Juga di Jalan Menuju Jakarta

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta, sistem three in one (3 in 1) akan diterapkan mulai dari jalan yang menuju Jakarta. Usulan ini disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Soeroyo Alimoeso, pada diskusi publik bertajuk, Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta Serta Keseimbangan Infrastruktur dan Moda Transportasi Nasional di Jakarta, Sabtu (21/12).

“Sebaiknya 3 in 1 dimulai dari daerah penyangga, Dari ujung. Mobil tidak boleh lewat, dan di sana disiapkan bus. Jadi ada bus yang antar ke dalam kota,” ujarnya.

Namun, untuk mewujudkan ide itu, harus ada perbaikan kualitas angkutan umum juga di daerah penyangga. Karena saat ini angkutan umum masih banyak yang tidak memadai.

“Nanti kita jemput bola pakai shuttle service ke daerah-daerah penyangga. Selain itu, harus hilang juga gengsi untuk tidak memakai mobil sampai di kantor,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan, Pemprov DKI sendiri sudah mendatangkan bus-bus baru sebagai bagian dari program revitalisasi angkutan untuk semakin membudayakan warga Jakarta menggunakan angkutan umum.

“2014 adalah tahun perbaikan angkutan massal. Desember ini datang 310 unit bus Transjakarta, dan 345 unit bus medium yang rencananya dioperasikan pada Januari nanti,” ungkapnya seperti dilansir beritajakarta.

Tidak hanya itu, lanjut Pristono, rencananya masih akan datang ribuan bus lagi pada tahun depan sehingga Pemprov DKI bisa menciptakan alat transportasi murah dan nyaman.
“Tahun depan kita mau datangkan seribu bus Transjakarta, dan tiga ribu bus sedang. Jakarta akan dipenuhi transportasi umum yang berkualitas,” ucapnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN