Rano Akan Lantik Walikota Tangerang

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Setelah tertunda hingga 5 kali, akhirnya pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang terpilih 2013-2018 Arief Wismansjah dan Sachrudin segera dilansanakan. Dan yang melantik adalah Wakil Gubernur Banten Rano Karno.

Kepastian ini disampaikan oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto. Menurut Djoko, saat ditahan, Ratu Atut telah menyerahkan wewenang melantik kepala daerah kepada Presiden.

Kini presiden menginstruksikan kepada Wagub Banten untuk melantik.  Kemendagri menilai, meski belum dinonaktifkan, Atut tidak akan bisa maksimal menjalankan tugas pemerintahan dari balik jeruji.

“Wakil Gubernur Rano Karno diberikan wewenang melantik Walikota Tangerang. Persetujuan pendelegasian tersebut atas instruksi Presiden melalui Mendagri,” katanya melalui pesan singkatnya kepada media.

Untuk diketahui, pada Jumat (20/12), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, terkait kasus pemberian hadiah kepada Akil Mochtar semasa menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi dalam menangani sengketa Pilkada Lebak. (GWH)