31 C
Jakarta
Kamis, 17 Agustus 2017

Hari Ibu: 991 Ibu Menyusui Serentak Pecahkan Rekor Muri

Foto: theguardian

Purwokerto, Sayangi.com – Di Hari Ibu ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah kegiatan ibu menyusui bayi yang digelar serentak oleh Yayasan Elingmas di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Minggu (22/12/2013).

Kegiatan ini bukan hanya sekadar menghiasi Hari Ibu, tapi juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan diikuti oleh 991 ibu menyusui dari 1.000 orang yang direncanakan.

Sekretaris Muri Sri Widayanti mengatakan bahwa rekor menyusui serentak sebelumnya diraih Rumah Sakit Borromeus Bandung, pada awal Oktober 2012 yang diikuti 681 ibu menyusui.

“Hari ini, rekor tersebut dapat dipecahkan oleh Yayasan Elingmas karena menyusui serentak ini diikuti 991 ibu menyusui. Dengan demikian, kegiatan ini masuk dalam catatan rekor Muri ke-6.330,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Elingmas Taufan Eko Nugroho Rotorasiko mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha membuat gerakan Inisiatif Menyusui Dini (Indi) guna mengajak ibu-ibu untuk memberikan air susu ibu (ASI) ekslusif kepada anak.

“Ada fenomena di kota-kota besar, dimana ibu-ibu muda enggan memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Padahal, kandungan dan manfaat ASI luar biasa. Ini yang ingin kita kampanyekan dengan membuat gerakan Indi,” katanya.

Menurut dia, gerakan yang diawali di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, ini akan diteruskan di daerah-daerah lain sehingga semangat memberikan ASI kepada anak akan tetap terbangun.

Selain itu, kata dia, kegiatan menyusui serentak ini juga dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ibu Tahun 2013.

“Di samping untuk memperingati Hari Ibu, kegiatan ini juga untuk mengingatkan kembali arti penting ASI bagi bayi. Manfaat ASI sangat banyak, tidak hanya bagi fisik bayi tetapi juga bermanfaat secara spiritual, yakni dapat mendekatkan hubungan ibu dengan bayi,” kata dia menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan mengatakan bahwa menyusui merupakan kewajiban bagi ibu.

Oleh karena itu, dia menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Elingmas dalam rangka peringatan Hari Ibu.

“Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ibu ini sangat positif dan mendorong ibu untuk memberikan ASI yang memang merupakan hak anak. Kami sangat mendukung kegiatan ini, apalagi telah membuat sejarah baru, dimana Banyumas berhasil masuk rekor Muri,” katanya. (MI/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN