Survei: Hanya PDIP dan Golkar yang Bisa Calonkan Presiden

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Ekskutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengungkapkan peluang partai-partai politik untuk mengusung calon presiden pada Pemilu Presiden 2014. Menurutnya hanya ada dua partai yang hampir pasti bisa mencalonkan presiden.

“Tampaknya ada dua partai yang hampir pasti bisa mengajukan calon presiden, entah sendiri atau berkoalisi, yakni PDI Perjuangan dan Golkar,” kata Qodari dalam rilis survei “Political Outlook 2014: Pilihan dan Kemungkinan Capres dan Cawapres Pemilu 2014”, Minggu (22/12/2013)

Sementara untuk Pemilihan Umum 2014 menurutnya, masih ada empat partai besar yang bakal tampil sebagai pemenang. Keempat Parpol tersebut secara berurutan adalah PDI-P, Partai Golkar, Gerindra, dan Partai Demokrat.

“Keempat parpol itu yang akan mendapat suara pemilih di atas 10 persen. Hasil pemilu legislatif belum ada. Tapi, keempat partai di atas konsisten masuk empat besar dari sejumlah survei,” ungkapnya

Qodari juga mengomentari tentang sosok yang paling kuat dalam konvensi Partai Demokrat. Menurutnya, Demokrat mengalami kebingungan mengenai sosok yang akan dicalonkan sebagai Presiden, sehingga harus dilakukan melalui konvensi.

“Yang menarik adalah Demokrat, selepas SBY Demokrat kebingungan mencalon capres. Maka, diadakan lah konvensi, dari 11 nama pesertanya, dua yang dinilai paling kuat ialah Dahlan Iskan dan Pramono Edhie,” jelasnya.