Bupati Jembrana Batasi Bansos Maksimal Rp 15 Juta

jembranakab.go.id

Negara, Sayangi.com – Bupati Jembrana I Putu Artha membatasi pencairan dana bantuan sosial di kabupaten paling barat di Pulau Bali itu untuk pemerataan.

“Jangan mengajukan bansos dengan nilai yang muluk-muluk, misalnya sampai Rp200 juta. Bansos yang kami berikan maksimal hanya sampai Rp15 juta untuk setiap kelompok masyarakat,” katanya di sela-sela penyerahan dana bansos tahap akhir 2013 di Negara, Kabupaten Jembrana, Senin (23/12).

Menurut dia, saat ini banyak masyarakat yang mengajukan bansos dengan nilai tinggi, namun pada akhirnya kecewa lantaran nilainya tidak sesuai harapan.

“Anggaran bansos akan tetap ada setiap tahun, tapi kami kelola dengan mengedepankan pemerataan di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dengan jalur permohonan bansos yang bisa melalui bupati, wakil bupati, DPRD dan kepala desa/lurah banyak ditemukan proposal ganda.

Ia menduga kelompok masyarakat yang ingin mendapatkan dana bansos menggunakan semua jalur itu. “Akibatnya, banyak proposal yang tidak bisa kami kabulkan karena ganda. Jadi, kalau ada proposal yang tidak disetujui, bukan karena pemkab tidak memiliki anggaran, tapi karena ada kesalahan dari pemohon,” katanya.

Jika proposal yang salah tersebut disetujui, lanjut Artha, maka antara pemberi dan penerima bisa sama-sama masuk penjara.

“Kami bukannya ingin memperlambat apalagi mempersulit pemberian bansos, tapi semuanya harus sesuai aturan agar sama-sama aman,” ujarnya.

Artha juga menegaskan bahwa pemerintahannya sekarang berbeda dengan pemerintahan sebelumnya yang mudah mencairkan dana bansos.

“Dulu ketemu di mana saja dengan warga, bupati bisa langsung memberikan bansos dengan menghubungi bendahara. Sekarang tidak bisa lagi seperti itu karena akan berbahaya dan berpotensi melanggar hukum,” ujarnya.

Kepada kelompok masyarakat yang menerima bansos, dia juga meminta tidak terprovokasi isu menjelang Pemilu 2014. “Kalau ada yang memotong bansos, langsung laporkan kepada saya,”kata Artha. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN