Cornelis : Selesai, Tugas Gubernur untuk Jalan Tayan

Antara

Pontianak, Sayangi.com – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menegaskan tugasnya dalam pengerjaan ruas jalan dari Simpang Tayan – Sosok – Sanggau sudah tuntas.

“Gubernur sudah selesai tugasnya, membebaskan lahan di kiri kanan jalan yang akan diperbaiki,” kata Cornelis di Pontianak, Senin (23/12).

Ia melanjutkan, antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Bank Pembangunan Asia selaku pemilik dana, sudah menandatangani kontrak.

Namun, ujar dia, terdapat sanggahan-sanggahan sehingga ada mekanisme yang harus dilalui terlebih dahulu.

Ia berharap, jalan tersebut dapat direalisasikan pengerjaannya sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu.

“Kalau pun tidak, bisa lewat Sungai Pinyuh. Dahulu juga seperti itu,” kata dia.

Sebelumnya BUMN karya PT Waskita Karya dipilih Bank Pembangunan Asia sebagai pemenang pengerjaan ruas jalan antara Simpang Tayan – Sosok – Sanggau di Kalbar.

Lelang dilakukan pada Mei 2013, sekaligus ada tiga proyek infrastruktur yang dibiayai Bank Pembangunan Asia (ADB) dengan nilai penyediaan anggaran Rp1,1 triliun.

Ketiga proyek tersebut yakni pembangunan jalan ruas Simpang Tayan – Sosok – Sanggau, Singkawang – Tebas dan Galing – Aruk.

Ruas Simpang Tayan – Sosok – Simpang Tanjung – Sanggau. Pagu anggaran sekitar Rp538 miliar. Kemudian untuk ruas Singkawang – Tebas, senilai Rp348,9 miliar dan ruas antara Galing – Aruk di Kabupaten Sambas, nilai yang dialokasikan Rp225,5 miliar.

Jalan yang akan dibangun nantinya sesuai spesifikasi untuk jalan nasional dengan lebar 14 meter.

Pembiayaan menggunakan sistem tahun jamak dengan target tuntas tiga tahun. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN